Dheny Patungka, Photografer Asal Luwu yang Mendunia

Dheny Patungka, Pria kelahiran 07 September 1981, Batustanduk, Kabupten Luwu ini merupakan Wija to Luwu yang berkecimpun dalam dunia Photografer bertaraf Internasional. Ia tertarik dalam dunia photografer. Sejak tahun 2005, Ia belajar secara otodidak dengan menggunakan peralatan seadanya, modal kamera dan satu unit computer ia pun membukan studio foto dan berfrofesi sebagai photographer komersil.
 
Tahun 2008, ia lebih fokus belajar materi-materi fotografi hingga tahun 2011, setelah menghasilkan sebuah karya yang menurutnya sudah layak dipublikasikan dan diikut sertakan dalam kontes-kontes foto bertaraf internasional secara online, Ia kemudian mengunggah di Asosiasi Photography di Amerika tepatnya Asosiasi International Photography Awords (IPA).

Baca Juga :  Sastrawan Asal Luwu Masuk Nominasi HPI 2020


 
Dari satu juta photografer yang ada di dunia sebagai peserta, karya Dheny Patungka menjadi juara I, sejak itu namanya terpajang di podium Asosiasi tersebut sampai akhirnya ia dikenal di berbagai akun-akun media sosial.
 
Tak puas sampai disitu, Dheny lebih aktif mengikuti Kontes-kontes photogrfer  dan semakin banyak yang mengenalnya. Untuk experience pertama Dheny sendiri ia menjadi pembicara dalam seminar yang digelar salah satu Asosiasi terbesar di Amerika.
 
“Pengalaman pertama kalinya saat keluar negeri dengan Bahasa Inggris yang masih belepotan, akhirnya saya harus belajar bahasa inggris secara otodidak lagi, hanya dalam waktu tiga bulan akhirnya sudah fasih berbahasa inggris seperti bule-bule pada umumnya,”ujar Dheny Patungka saat ditemui di Café Solata Palopo. Minggu (04/04/21).
 
Selain sebagai photographer dan editor, Dheny Patungka juga banyak mengisi kegiatan-kegiatan workshop sebagai pembicara dan mentor dalam International Photography Conference di berbagai negara seperti Amerika, Meksico dan Eropa. Ia juga berprofesi sebagai juri dalam kontes photografi bertaraf internasional dan sudah menjelajahi 58 negara-negara besar.
 
Sejauh ini, Dheny Patungka sendiri masih percaya diri dengan karya-karya yang ia ciptakan “Seburuk apa pun karya yang diciptakan, jika dituangkan dengan ide-ide yang mengalir pasti akan diapresiasi oleh orang lain,” terangnya.
 
Dalam dunia photografi sendiri, Ia mampu menguasai semua genre photografi mulai dari lanscape, potrais, street photografis, humaninterse, comersial photografi dan konseptual photografis.

Dheny Patungka sudah di sponsori oleh brand-brand ternama seperti SONI (2015), Hasselblad (2018) salah satu kamera terbaik dan termahal di dunia dan Huawei sejak 2019 hingga sekarang.
 
Sumber : Majalah Kampung Pakde
 

Written by 

Related posts

Komentar