Bupati Luwu Menyerahkan RAPBD 2021, Ini yang Menjadi Prioritas Belanja

895Views

Belopainfo-Luwi, Kamis (19/11/2020) – Bupati Luwu, H. Basmin Mattatang menyerahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Luwu tahun anggaran 2021 di rapat paripurna DPRD yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Rusli Sunali di ruang sidang DPRD Kabupaten Luwu.

Bupati Luwu H. Basmin Mattayang dalam pidatonya menyampaikan beberapa regulasi yang ada di antaranya Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintahan daerah, Peremendagri Nomor 24 Tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2021, dan Permendagri No 90 Tahun 2019 sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyediakan dan menyajikan informasi.

H.Basmin Mattayang menjelaskan pendapatan daerah Kabupaten Luwu pada RAPBD Tahun anggaran 2021 di rencanakan sebesar Rp.1,4 Triliun yang mengalami penurunan sebesar 73,7 miliar lebih 4,87% yang di bandingkan dengan pokok anggaran pada tahun 2020 sebesar Rp.1,5 Triliun.

Baca Juga :  Di Pesta Panen Bupati Luwu Ajak Masyarakat Tumbuhkan Semangat Gotong Royong Turun Sawah

H. Basmin Mattayang menyampaikan beberapa poin yang akan menjadi prioritas belanja daerah pada tahun anggaran 2021.

Pertama pemenuhan layanan dasar pendidikan yang meliputi pembangunan unit sekolah baru, pembangunan perpustakaan sekolah, pembangunan sarana dan prasarana sekolah, dan pengadaan seragam sekolah.

Kedua pemenuhan layanan dasar kesehatan yang meliputi penyediaan BPJS kesehatan bagi masyarakat dan perangkat daerah, pemeliharaan puskesmas, pembangunan pembuangan air limbah puskesmas, pengadaan ambulance, alat kesehatan, dan pembangunan rumah dinas tenaga medis.

Baca Juga :  Pemda Luwu Berikan Bantuan Korban Bencana

Ketiga peningkatan sarana dan prasarana pemerintahan yang meliputi, renovasi gedung Simpurusiang untuk di jadikan Mall Pelayanan Publik, perbaikan gedung DPRD, rehab atap Kantor Bupati, rehab Kantor Camat Walenrang.

Keempat Peningkatan sarana dan prasarana umun yang meliputi pembangunan dan peningkatan jalan dan jembatan, pembangunan terminal, penyediaan air bersih, peningkatan perpustakaan daerah, revitalisasi lapangan Andi Djemma, pengadaan penerangan jalan umum, pembangunan Asrama Mahasiswa Luwu di Kota Palopo, pembangunan Asrama Mahasiswa Luwu di Kota Makassar, dan bantuan hibah pada rumah ibadah.

Kelima Program kegiatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang meliputi bantuan bibit pertanian/perkebunan dan pertanian, peningkatan kualitas jalan usaha tani dan tambak,bantuan peralatan bagi kelompok usaha produktif, penyediaan fasilitas jaringan internet di beberapa sekolah, peningkatan sarana dan prasarana pasar, bantuan peralatan tangkap bagi kelompok nelayan, dan bantuan sosial penyelesaian studi bagi mahasiswa kurang mampu.

Baca Juga :  Bupati Luwu Berterimakasih ke Kepala BKPSDM

Terakhir penyediaan belanja pegawai, yang meliputi gaji pokok dan tunjangan ASN termasuk perhitungan gaji ke 13 dan 14 serta penyediaan gaji dan tunjangan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hadir pada penyerahan RAPBD yaitu pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Luwu, Sekertaris Dewan, Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli, para OPD lingkup Kabupaten Luwu.

Reporter. : Wiwin Maulana
Editor.      : Asran Salam

Written by 

Related posts

Komentar