Bupati Luwu Revisi Usul Formasi PPPK 2019, Pengangkatannya Dilaksanakan Desember 2020

Belopainfo-Luwu, Rabu (02/12/2020) – Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk formasi tahun 2019 akhirnya menemui titik terang setelah keluarnya Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 Tentang Gaji dan Tunjangan PPPK dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PermenpanRB) Nomor 70 Tahun 2020 tentang Masa Hubungan PPPK, Nomor 71 Tahun 2020 tentang Pemberian Kuasa Pengangkatan PPPK, Nomor 72 Tahun 2020 tentang Pengadaan PPPK untuk Guru, Dosen dan Penyuluh Pertanian.

Berdasarkan PermenpanRB Nomor 70 Tahun 2020 tentang Masa hubungan perjanjian kerja untuk PPPK ditetapkan dalam jangka waktu paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dan tidak mendapatkan gaji pensiun.

Pada bulan Februari tahun 2019 sebanyak 447 peserta honorer Kategori 2 (K2) yang ada di data base BKN yang mengikuti tes yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 Februari 2019 dengan lowongan 100 formasi yang dibuka yaitu formasi guru sebanyak 50, kesehatan sebanyak 11, tenaga penyuluh sebanyak 39.

Baca Juga :  Bupati Luwu Menerima Langsung Penghargaan TPAKD dari OJK

Sementara bulan Mei tahun 2020 diumumkan sebanyak 100 peserta yang lolos ranking setelah sebelumnya yang lolos passing grade sebanyak 221 dari 447 peserta yang mengikuti tes.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Luwu, Drs. H. Sulaiman menjelaskan dari hasil pengumuman pada bulan Mei setelah diranking sebanyak 100 peserta yang lolos sementara yang lolos passing grade sebanyak 221.

Lanjutnya menjelaskan dari hasil tersebut Bupati Luwu beberapa waktu yang lalu mengusulkan revisi Formasi PPPK ke Kementerian PAN dan RB di Jakarta  agar yang lolos passing grade semuanya bisa diterima menjadi PPPK, yang semula formasi hanya 100 menjadi 221.

Baca Juga :  Bupati Luwu Ajak Masyarakat Dukung Program Pemerintah Daerah

“Dari usulan Bupati Luwu Alhamdulillah di setujui oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara untuk menerima peserta yang lolos passing grade menjadi PPPK yang akan segera diusulkan NIP bulan Desember ini,” ujarnya.

BKD Kabupaten Luwu mengusahakan akan mengusul NIP ke Kanreg BKN dalam waktu secepatnya setelah menerima SE BKN tentang jadwal dan prosedur penetapan NIP agar pada tanggal 1 januari 2021 SK pengangkatan PPPK sudah berlaku.

Sementara itu, untuk penyerahan NIP akan di laksanakan pada Bulan Desember 2020 dengan masa kontrak minimal selama 1 tahun dan 6 bulan terakhir evaluasi kinerja apabila kinerjanya bagus akan diperpanjang, tetapi apabila tidak bagus bisa saja kontraknya tidak diperpanjang.

Baca Juga :  Plt. Kadis Pertanian dan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Monitoring di Kecamatan Bajo

H. Sulaiman menambahkan bahwa untuk saat ini BKD Kabuputen Luwu menunggu surat edaran dari BKN tentang jadwal pengumuman penetapan formasi dan persyaratan berkas untuk pengusulan penetapan NIP PPPK.

“Untuk pengusulan penetapan NIP tahun ini berbeda yang di mana pada tahun sebelumnya dengan sistem dokumen fisik tapi tahun ini melalui docudigital sehingga semua tenaga honorer K2 yang lulus PPPK nantinya akan melakukan scan dokumen mereka setelah itu disampaikan ke BKD dalam bentuk soft copy kemudian BKD meng-upload ke docudigital,” tutup H. Sulaiman.

Reporter.   : Wiwin Maulana
Editor.        : Asran Salam

Written by 

Related posts

One Thought to “Bupati Luwu Revisi Usul Formasi PPPK 2019, Pengangkatannya Dilaksanakan Desember 2020”

  1. I saw a lot of website but I believe this one has got something extra in it. Maude Nevin Salchunas

Komentar