Demi Maksimal dalam Beribadah di Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Dipangkas

Belopainfo— Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Bulan Suci Ramadan 1442 H, jam kerja Aparatur Sipir Negara (ASN) di Indonesia dipangkas, termasuk di Kabupaten Luwu.

Pengurangan jam kerja bertujuan agar para ASN bisa memaksimalkan ibadah di Bulan Suci Ramadhan dan diharapkan mengurangi beban kerja di tengah pelaksanaan ibadah puasa.

Pengurangan atau pemangkasan jam kerja ASN ini juga telah ditanggapi Bupati Luwu Basmin Mattayang, melalui surat edaran nomor 800/ 51 /UM-SET/lV/2021, tentang jam kerja ASN Lingkup Pemkab Luwu Selama Bulan Suci Ramadan 1442 H/2021 M.

Baca Juga :  Serah Terima NIP Sebanyak 179, Luwu Tercepat

Disebutkan, menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) nomor 09 tahun 2021 tentang penetapan jam kerja pada bulan ramadan 1442 H bagi ASN lingkungan instansi pemerintah, maka jam kerja ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu pun ikut diatur.

Jam kerja Senin sampai dengan Kamis, pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 WITA. Istirahat pukul 12.00 sampai dengan pukul 12.30. Khusus di hari Jumat, jam kerja puku 08.00 sampai dengan pukul 15.30 dan waktu istirahat pukul 11.30 sampai dengan pukul 12.30.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Pelantikan Apdesi Luwu Ditunda

Selain itu juga disebutkan, pelaksanaan tugas kedinasan Aparatur Sipil Negara pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) agar memperhatikan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 58 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru.

Sebagaimana telah diubah dengan Surat Edaran Menteri Pendayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 67 Tahun 2020. Ketentuan ini berlaku mulai 1 satu Ramadan dan berakhir setelah Hari Raya Idhul Fitri 1442 H. 2021 M.

Sejalan dengan itu, Bupati Luwu, berharap berpuasa sebulan selama Bulan Suci Ramadan, bukan berarti bermalas-malasan dan mengugurkan tugas selaku pelayan masyarakat.

Baca Juga :  Luwu Peringkat 4 se Kanreg IV, Ahkam Basmin: Terimakasih Sub Bagian Mutasi

“Secara fisik mungkin kita loyo namun semangat pelayanan harus tetap ada bahkan ditingkatkan khusus di bulan ramadan, agar pahalanya bisa berlipat ganda,” ujarnya.

“Saya berharap teman-teman ASN senantiasa siap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Penuh etos kerja dan disiplin serta tidak lupa kewajiban sebagai umat beragama khususnya umat Islam yang tengah melaksanakan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan,” katanya.

Sumber: berita.news

Written by 

Related posts

Komentar