FASI XI Tingkat Provinsi, Luwu Raih Beberapa Juara

Belopainfo-Luwu, Rabu (2/12/2020). Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) XI tingkat Provinsi Sulawesi Selatan resmi ditutup kemarin 1 Desember 2020.

Kegiatan FASI XI ini, berlangsung selama 3 hari, 28 November hingga 1 Desember 2020. Kabupaten Wajo ditunjuk sebagai tuan rumah. Namun kegiatan ini dilakukan secara virtual karena alasan pandemi Covid-19. Wakil Gubernur Sulsel yang menutup acara.

Wagub Sulsel menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan FASI XI tingkat Provinsi sebagai wadah untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia sejak dini. Karena sehebat apa pun infrastruktur fisik yang kita bangun, menjadi tak berguna jika kita gagal menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter mulia. FASI XI ini sejalan dengan program strategis pemprov Sulsel yakni satu desa satu penghafal al-Quran. Pemprov Sulsel sendiri akan mengalokasikan anggaran tahun 2021 bagi 10 ribu guru mengaji di Sulsel.

Kegiatan FASI XI tingkat Provinsi diikuti oleh 705 santri dalam 3 kelompok usia yakni santri TKA 5-7 tahun, santri TPA 7-12 tahun dan santri TA 12-15 tahun dengan puluhan cabang lomba di antaranya tartil al-Quran, tilawah, tahfidz juz amma, ceramah islami, kisah islami, cerdas cermat al-Quran, kaligrafi, mewarnai, nasyid islami. Luwu mengikutkan 13 santri.

FASI XI tingkat Provinsi kali ini Luwu mendapatkan  beberapa juara yakni juara 2 dalam bidang lomba tilawah al-Quran, juara harapan 2 dalam tahfidz juz amma.

Kedua lomba ini diikuti oleh ahmad Asyura. Juara harapan 2 dalam lomba ceramah agama usia TPA 7-22 tahun yang diikuti oleh Zidanne Farahdiba Ashar.

Menurut Dirda LPPTKA BKPRMI Luwu, Gamar Mansur menilai kegiatan FASI XI tingkat Provinsi ini menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembinaan santri TPA/TQA di luwu serta menjadi semangat untuk mempersiapkan santri untuk lebih siap bertanding di ajang FASI selanjutnya.

Sedangkan Ketua DPD BKPRMI Luwu Azhar Sabri berterima kasih kepada Pemda Luwu dalam hal ini Bapak Bupati dan DPRD Luwu yang telah mendukung penuh BKPRMI untuk mengikutinya FASI XI tingkat Provinsi Sulsel kali ini. Terutama Dinas Infokom yang sangat luar biasa dukungannya dalam fasilitas IT.

Lanjut Ashar bahwa kedepanya untuk pembinaan generasi al-Quran, BKPRMI Luwu sudah mengajukan permohonan bantuan hibah ke Pemda luwu. Semoga tahun anggaran 2021 dapat alokasi bantuan dari APBD Luwu.

Reporter.    : Wiwin Maulana
Editor.         : Asran Salam

Written by 

Related posts

Komentar