Jembatan yang Rusak Penghubung 5 Kecamatan di Bupon, PUPR : Secepatnya Dilakukan Perbaikan

Belopainfo–Beberapa waktu lalu masyarakat telah melakukan gotong royong untuk melakukan perbaikan jembatan yang berada di ruas jalan Taramatekkeng – Bide yang berlokasi di Loppe lingkungan Lumika, Kelurahan Noling, Kecamatan Bupon.

Jembatan tersebut sudah mengalami kerusakan sejak 2018 lalu, jembatan yang berada jalan poros kabupaten merupakan penghubung antara lima kecamatan yaitu, Kec. Bupon, Kec. Bajo, Kec. Ponrang selatan dan Kec.Bajo Barat dan Kec. Kamanre.

Setelah dikonfirmasi Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Usdin, mengatakan sementara dilelang dan kemungkinan akan realisasi bulan depan untuk pengerjaan jembatan.

Baca Juga :  Satgas Corona Luwu Segera Sosialisasi Pencegahan

“Secepatnya akan kita lakukan, untuk sekarang sementara dilelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP), setelah itu baru bisa dikontrak, kemungkinan realisasi akan dilakuan satu bulan ke depan,” katanya.

Usdin juga menegaskan bahwa pengerjaan akan tetap dilakukan walaupun ada refokusing anggaran. “Sampai saat ini saya juga belum tau berapa yang direfokusing berapa yang dikurangi, tapi untuk proses pengerjaan tahun ini pasti ada,” tegas Usdin.

Sebelumnya, yang menjadi kendala terdapat kesalahan dalam penamaan ruas yang sebelumnya padang tujuh yang semestinya adalah Jembatan Taramatekkeng-Bide sehingga mengalami keterlambatan dalam penanganan.

Baca Juga :  Persiapan Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Menjelang UN

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irfan membenarkan bahwa untuk proses pengerjaan jembatan Taramatekkeng-Bide sudah sampai tahap pelelangan karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

“Untuk pengerjaan akan dilakukan tahun ini, hanya saja proses perencanaan yang lumayan lambat karena sekarang harus melalui ULP tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya bisa dari kantor, setelah itu, setelah ada pemenang jasa konsultan baru boleh turun, setelah ada desain kemudian dilakukanlah proses pengerjaan fisik seperti itulah tahapannya,” jelas Irfan.

Ia juga menyebutkan, PUPR akan melakukan perbaikan jembatan Taramatekkeng-Bide dengan ukuran 10 meter (m) sekaligus rabat jalan sepajang 100 m. Jembatan dan rabat ini menggunakan anggaran sebesar Rp. 474.727.

Baca Juga :  BKN Periksa Berkas Kenaikan Pangkat di Luwu

“Anggaran ini masih hitungan pagunya belum pengurangan. Selain jembatan kita juga akan melakukan rabat jalan sesuai RAB sekitar 100 m masing-masing 50 m dari sisi jembatan,” ujarnya.

Irfan juga berharap perbaikan jembatan tersebut dapat dilakukan secepatnya karena jembatan ini merupakan akses utama yang dilalui oleh masyarakat.

Reporter. : Yusuf Gerhana
Penulis. : Yusuf Gerhana
Editor. : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar