Pemerintah Kecamatan Lamasi Menghidupkan Kembali Karang Taruna

Belopainfo–Awal mula terbentuknya kelompok pemuda yang terhimpun pada Karang Taruna berasal dari inisiatif pemerintah Kecamatan Lamasi pada tanggal 17 Desember 2019 lalu dengan langkah awal mengumpulkan pemuda-pemuda dan langsung melakukan pemilihan ketua Karang Taruna yang saat itu ada 3 pemuda menjadi bakal calon ketua.

Ide untuk membentuk Karang Taruna di Kecamatan Lamasi sudah ada sejak dulu, namun belum sempat terealisasikan. Akhirnya beberapa pemuda kembali berinisiatif membangunnya kembali.

“Perjuangan mengaktifkan kembali Karang Taruna di Kecamatan kami banyak melewati lika-liku. Jelas ada pro dan kontra dalam sebuah lembaga namun ini jadi pelajaran karena kami ingin pemuda yang ada di Kecamatan Lamasi punya wadah dalam membantu pembangunan dan keterlibatan sosial untuk pemerintah Kecamatan Lamasi,” ujar ketua terpilih, Joko Susanto. S.Pd.I.

Sebanyak 30 orang pengurus Karang Taruna yang dilantik kemarin Jumat (26/2/2021) di Aula Kantor Camat Lamasi yang dihadiri oleh Camat Lamasi, para Kepala Desa se-Kecamatan Lamasi beserta para staf pemerintah Kecamatan Lamasi lainnya.

“Rencana kerja kita pemuda lebih mengedepankan aspek sosial serta membantu pemerintah dalam hal pembangunan daerah serta memberikan kegiatan positif bagi para pemuda,” tambah Joko.

Pemerintah Kecamatan dan Desa mengapresiasi adanya Karang Taruna, karena menganggap sekelompok pemuda desa bisa membantu kinerja pemerintah kecamatan secara keseluruhan kedepan dan peran pemuda tidak terlepas dalam giat-giat sosial kemasyarakatan.

Sejauh ini, kegiatan yang telah dilaksanakan Karang Taruna Kecamatan Lamasi antara lain, keterlibatan pada aksi sosial dalam penyaluran donasi ke korban bencana gempa di Sulbar, memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), serta menjadi relawan sekaligus menyalurkan donasi bantuan ke korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Lamasi Timur.

Dalam waktu dekat, Karang Taruna yang telah ada pengurusnya akan memantapkan tim yang ada di desa dan kelurahan agar bisa saling kerja sama dalam membangun desa.

Joko Susanto berharap, kehadiran dan hidupnya kembali Karang Taruna Kecamatan Lamasi mampu memunculkan pemuda-pemuda yang peduli akan lingkungan sosial serta turut ambil bagian pada kinerja pemerintahan setempat, dan terlebih pemuda Lamasi bisa muncul juga di ruang lingkup Kabupaten Luwu.

Reporter. : Fitri M
Penulis : Fitri M
Editor. : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar