Polemik Pilkdes Serentak Luwu Temui Titik Terang

Belopainfo–Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Luwu sempat menuai polemik, pasalnya kegiatan tersebut memunculkan dua sudut pandang apakah dilanjutkan atau ditunda. Dari hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi I kabupaten Luwu beberapa waktu lalu kini temui titik terang.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bustam saat ditemui di ruangannya, Rabu (25/08/2021). Ia mengatakan bahwa Pilkades serentak sudah ada titik terang melalui kesepakatan tentang Rancangan Peraturan Bupati (Perbub) tentang tahapan pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Luwu.

Bustam menyampaikan tahapan akan dimulai di akhir Oktober pembentukan panitia di Kabupaten dan sosialisasi untuk pembentukan panitia Pilkades akan dilaksanakan di bulan November.

Setelah berjalan diharapkan agar tidak ada lagi kendala, begitupun dengan peningkatan Covid-19, sehingga hari H dapat dilaksanakan pada rancangan awal yaitu tanggal 18 Maret 2022.

Bustam juga mengatakan bahwa dalam kesepakatan tahapan tersebut telah melalui beberapa pertimbangan agar tidak ada lagi polemik tentang penundaan Pilkades, karena kebijakan ini diambil dengan memperhatikan beberapa hal misalnya keselamatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga Covid-19 pada bulan Maret nanti dapat terkendali, sehingga pelaksanaan Pilkades di 91 desa ini dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kendala sama sekali,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bustam juga berpesan semoga agar kepala desa di 91 desa untuk menjalankan pemerintahan dengan baik hingga menyelesaikan masa jabatannya.

Reporter. : Yusuf Gerhana
Penulis. : Yusuf Gerhana
Editor. : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar