Puslatbang KMP LAN RI, Apresiasi Akselarasi BKPSDM Kabupaten Luwu

Belopainfo-Luwu, Rabu ( 11/11/2020) – Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengadakan pelatihan Penyusunan Kebutuhan Pengembangan Kompetensi PNS dan Pemetaan Kompetensi Pejabat Administrator/Pengawas dalam Rangka penerapan Manajemen Talenta (MANTAP) PNS selama empat hari dari tanggal 9 sampai 12 November 2020 di Aula Hotel Borneo, Belopa.

Widianto Narasumber dari Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN) RI yang diwawancarai oleh Belopainfo menjelaskan bahwa dasar pelatihan ini sebenarnya adalah kebutuhan dasar bagi PNS karena sesuai dengan UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) bahwa setiap PNS wajib memiliki 20 JP untuk di kembangkan.

Baca Juga :  Bupati Luwu Sampaikan Pesan Ini di Hadapan CPNS

Menurutnya pelatihan ini mampu mengidentifikasi kesenjangan untuk PNS di Kabupaten Luwu sehingga nantinya teman-teman yang bertugas di bagian kepegawaian mampu mengidentifikasi dengan tepat kebutuhan pengembangan kompetensi pegawai di setiap instansi pemeintahan Kabupaten Luwu.

Ia juga mengapresiasi inisiatif Pemerintah Kabupaten Luwu dalam hal ini Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Luwu untuk melaksakan pelatihan pengembangan kompetensi.

Baca Juga :  Bupati Luwu Berterimakasih ke Kepala BKPSDM

“Pelatihan Penyusunan Kebutuhan Pengembangan Kompetensi PNS ini memang sudah ada beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan yang mengadakan termasuk Kabupaten Luwu. Pelatihan yang diadakan ini adalah bagian dari penerapan Manajemen Talenta (MANTAP),” katanya.

Ia menambahkan selama ini Manajemen Talenta fokusnya hanya di Eselon II atau Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama, tetapi Kabupaten Luwu khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan yang pertama kali mengakselerasi Jabatan Administrator maupun pengawas atau yang dulunya disebut dengan Eselon III atau Eselon IV.

Baca Juga :  Persiapan Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Menjelang UN

Sementara itu salah satu peserta Jumardi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, menilai pelatihan dengan adanya pelatihan ini sangat membantu kami.

“Pelatihan yang diadakan pemerintah melalui BKPSDM Luwu sangat membantu kami untuk pengembangan kompetensi,” tuturnya.

Reporter : Wiwin Maulana
Editor. : Asran Salam

Written by 

Related posts

Komentar