Pelantikan Karang Taruna Kecamatan Bajo Barat, Energi Positif Membangun Desa

Belopainfo–Pemuda berdaya mungkin itu adalah kalimat yang tepat bagi mereka (pemuda) yang ingin bergerak membangun desanya. Saya sendiri melihat kondisi yang ada di desa-desa, kesadaran sosial untuk membangun desa yang dilakukan para pemuda masih cenderung tinggi namun ada pula di beberapa desa yang sangat minim partisipatif pemudanya.

Camat Bajo Barat Hj. Rahmatiah hari ini Kamis, 09 September 2021, mengundang saya untuk meliput kegiatan pelantikan Karang Taruna Kecamatan Bajo Barat periode 2021-2026 di Kantor Camat Bajo Barat. Tepat pada pukul 13.50 Wita saya tiba di Kantor Camat Bajo, memarkir kendaran saya dan mengambil perlengkapan HP, kamera dan buku cataan. Terlihat mereka sementara mempersiapkan proses pelantikan dan sembari menunggu tamu undangan yang belum hadir.

Pukul 14.20 Wita tamu undangan sudah berdatangan, kursi-kursi sudah dipenuhi dan panitia mulai membacakan basmalah menandakan pelantikan pengurus Karang Taruna Kecamatan Bajo Barat secara seremonial segera dilaksanakan.

Pada pukul 14.40 Wita, Para pengurus mulai berbaris siap untuk dilantik, di hadapan Camat Bajo Barat Hj. Rahmatiah pengurus Karang Tarung diambil sumpahnya sebagai pengurus Karang Karang Taruna Kecamatan Bajo Barat periode 2021-2026.

Usai pelantikan, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bajo Barat Islamuddin menyampaikan bahwa untuk mengemban amanah sebagai Pengurus Karang Taruna harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Islamuddin menerangkan bahwa Karang Taruna sendiri merupakan salah satu wadah yang menjadi tempat aktualisasi potensi-potensi pemuda yang ada di suatu desa. Apakah melalui hasil karya (kreatif) atau melalui proses edukasi kepada masyarakat.

Kolaborasi antara pemuda dan pemerintah baik itu ditingkat desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi atau pusat tentu ini akan memberikan semangat baru, dengan lahirnya berbagai gagasan atau ide-ide baru dari para generasi milenial.

Islamuddin berharap adanya bimbingan pengurus Karang Taruna kabupaten kapada pengurus yang baru saja menerima tugas menjadi pengurus Karang Taruna Kecamatan Bajo Barat.

“Kami berharap adanya kerja sama kepada semua pihak, baik pemerintah dan semua elemen yang terkait dalam melaksanakan kerja-kerja sosial untuk merealisasikan kerja sama demi meraih sebuah hasil yang nyata khususnya bekerja sama dalam kegiatan-kegiatan sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Bajo Barat Hj. Rahmatiah dalam sambutannya juga berharap adanya energi positif yang hadir sesuai dengan tema kegiatan yaitu, mewujudkan organisasi yang bergerak progresif dan inovatif guna melahirkan pemuda cermin masa depan bangsa.

“Mulailah mempersiapkan segala hal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, sebab kita berharap Karang Taruna Kecamatan Bajo Barat dapat lebih aktif dan progresif untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial,” ujarnya.

Reporter. : Yusuf Gerhana
Penulis. : Yusuf Gerhana
Editor. : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar