Penulis Romansa Purba dalam Stanza I La Galigo Menghadiakan Karyanya kepada Bupati Luwu

Belopainfo — Alvin Shul Vatrick penulis novel Romansa Purba dalam Stanza I La Galigo menghadiakan karyanya kepada Bupati Luwu Dr. H. Basmin Mattayang di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Luwu. Selasa (07/09/21) kemarin.

Dr. H.Basmin Mattayang mengatakan bahwa tulisan yang ada di dalam novel ini, merupakan referensi sejarah Luwu yang dikemas secara indah dan menarik karena tuliskan oleh Alvin Shul Vatrick dengan sederhana agar mudah dipahami oleh para pembaca.

“Saya sangat merasa bangga bisa menerima karya ini, karena buku ini ditulis oleh putra atau Wija to Luwu sendiri dan tentunya karya ini sangat menginspirasi,” imbuhnya.

Basmin menambahkan bahwa buku ini harus menjadi referensi masyarakat Luwu untuk menambah pengetahuan tentang sejarah Tana Luwu.

Bang Alvin sapaan akrab sang penulis Romansa Purba dalam Stanza I La Galigo mengatakan, novel ini merupakan hasil salinan Colliq Pujie Arung Pancana Toa yang kemudian ditransliterasi oleh Drs. Muhammad Salim sebanyak 12 jilid. Kemudian Alvin menyadur bebas tanpa mengabaikan alur cerita, penokohan dan pranata.

Alvin menulis karyanya dengan bahasa yang sederhana sehingga pembaca tidak lagi kesulitan untuk memahami. Karya sastra terpanjang di dunia ini dibuatnya dalam waktu yang sangat lama, ia membutuhkan waktu empat belas bulan lamanya untuk menyelesaikan novel tersebut.

Bahkan kerap kali Alvin Shul Vatrick mengalami kesulitan pada saat menuliskannya, sehingga ia banyak berdiskusi dengan budayawan Luwu sebagai bahan referensi dapat memudahkannya dalam proses penerjemahan naskah I La Galigo 12 jilid tersebut yang masih berbahasakan Bugis kuno.

“Semoga dengan hadirnya buku ini dapat menjadi pemantik spirit generasi muda tanpa Luwu untuk mencintai dan melestarikan warisan leluhur baik itu berupa sastra maupun budaya,” terangnya.

Sambung Alvin “Tentunya dengan ini kita berharap akan terlahir penulis-penulis baru dari tanah Luwu yang dapat mengembangkan budaya literasi di Tanah Luwu agar lebih berkembang lagi,” harapnya.

Reporter. : Andri
Penulis. : Andri
Editor. : Yusuf Gerhana

Written by 

Related posts

Komentar