Persembahan Novel Romansa Purba dalam Stanza I La Galigo kepada To PapoataE Datu Luwu XL

Belopainfo — Alvin Shul Vatrick mempersembahkan karya Novel Romansa Purba dalam Stanza I La Galigo kepada To PapoataE Datu Luwu XL H. Andi Maradang Mackulau S.H., Opu To Bau’ beberapa waktu lalu di Istana Kedatuan Luwu.

Karya Alvin merupakan hasil salinan Colliq Pujie Arung Pancana Toa yang kemudian ditransliterasi oleh Drs. Muhammad Salim sebanyak 12 jilid. Kemudian Alvin menyadur bebas tanpa mengabaikan alur cerita, penokohan dan pranata. Alvin menulis I Lagaligo dikemas dengan bahasa yang sederhana sehingga pembaca tidak lagi kesulitan untuk memahami.

Tak tanggung-tanggung dalam proses menyelesaikan karya sastra terpanjang di dunia ini, Alvin menghabiskan waktu selama empat belas bulan dan mendapatkan referensi dari beberapa sumber terjemahan lain serta banyak berdiskusi dengan budayawan Luwu untuk memudahkannya dalam proses penerjemahan kata-kata yang masih berbahasa Bugis Kuno dalam isi naskah I La Galigo 12 jilid tersebut.

To PapoataE Datu Luwu XL H. Andi Maradang Mackulau S.H., Opu To Bau mengatakan bahwa keberhasilan Alvin merupakan pencapaian yang tak semua orang dapat melakukannya, sebab memahami isi naskah sebanyak 12 jilid ini bukanlah hal mudah.

“Karya ini harus diekspos, sebab di Tanah Luwu pertma kalinya ada Wija To Luwu yang berhasil menulis ke dalam bentuk novel dari naskah I La Galigo sebanyak 12 jilid,” kata To PapoataE Datu Luwu XL H. Andi Maradang Mackulau S.H., Opu To Bau’ Senin (6/9/2021)

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Alvin juga mengatakan bahwa dengan hadirnya karya Romansa Purba dalam Stanza I La Galigo mampu membuka nuansa pemikiran Wija to Luwu agar mewarisi kembali nilai-nilai luhur dari pesan-pesan leluhur yang dikisahkan dalam buku ini.

“Intinya semoga kehadiran buku ini dapat menjadi pemantik spirit generasi muda untuk mencintai dan melestarikan warisan leluhur baik itu berupa sastra maupun budaya,” imbuhnya.

Sebagai seorang penulis Alvin juga berharap dengan hadirnya karya ini, bisa memantik akan hadir pula penulis-penulis hebat dari Tana Luwu.

Reporter. : Yusuf Gerhana
Penulis. : Yusuf Gerhana
Editor. : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar