Warga Kadong-Kadong Menutup Tambang CV. Alim Perkasa

1.4kViews

Belopainfo-Luwu. Selasa (27/10/2020). Masyarakat desa Kadong-Kadong melakukan aksi protes terhadap aktivitas tambang galian C di sungai Kadong-Kadong.

Aksi protes masyarakat dengan mendatangi tempat aktivitas tambang galian C milik CV. Halim Perkasa di sungai dusun Batete Desa Kadong-Kadong.

Aktivitas tambang galian C tersebut sudah tiga bulan beraktifitas di sungai wilayah desa Kadong-Kadong. Di mana tambang tersebut harusnya beraktivitas di wilayah Desa Rumaju yang merupakan wilayah tempat izin aktivitas produksi tambang.

Baca Juga :  Silaturahmi IPSI Luwu, Bupati Luwu: Tetap Jaga Prestasi

Selain itu, penolakan masyarakat terhadap aktivitas tambang  karena dianggap akan merugikan masyarakat.

Menurut Waibi aktivitas tambang galian C  akan mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti mengurangi debit air sumur warga, merusak saluran air bersih dan abrasi sungai yang mengikis persawahan, pemukiman warga dan fasilitas umum seperti jalan poros Kecamatan Bajo Barat.

Sedangkan Kepala Desa Kadong-Kadong, Supriadi menilai pihak perusahaan melakukan aktivitas produksi di wilayah kami tidak pernah melakukan pemberitahuan kepada pihak pemerintah Desa Kadong-Kadong.

Baca Juga :  Target Bandara Bua Bertaraf Internasional, Bupati Luwu Alokasikan 18 Miliar

“Tempat beraktivitas tambang galian C masuk dalam peta statistik dan kehutanan desa Kadong-Kadong, saya sebelumya sudah bertemu dengan pihak pelaksana perusahaan tapi tidak pernah digubris,” imbuhnya.

Penyelesaian konflik antar warga dan pihak perusahaan tambang, selanjutnya akan dilakukan upaya rekonsiliasi dengan mempertemukan semua pihak yang terkait di DPRD Luwu.

Reporter : ENK
Editor.     : AS

Written by 

Related posts

Komentar