BUMDes Harapan Kita Mengolah Kotoran Ternak Menjadi Pupuk Organik

852Views

Belopainfo-Luwu, Kamis (29/10/2020) – BUMDes Harapan Kita Desa Salu Paremang Selatan memanfaatkan kotoran sapi yang diolah menjadi biogas dan pupuk organik cair yang dapat bernilai ekonomis.

Beberapa waktu yang lalu Dinas PMD Kab. Luwu menggelar rapat koordinasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan yang menjadi salah satu narasumber yakno dari Yayasan Rumah Energi (YRE).

Pihak YRE mengatakan potensi limbah ternak di Kab. Luwu cukup besar. Olehnya itu, bisa memberi lapangan usaha baru bagi peternak dengan memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas dan pupuk, dan bisa bermitra dengan YRE selaku lembaga yang menangani biogas dan pupuk.

Baca Juga :  Pemdes Marinding Salurkan BLT DD Tahap II Secara Langsung ke Dusun Kanan

Dengan itu BUMDes Harapan Kita langsung merespon hal tersebut. Baramang selaku ketua BUMDes waktu itu langsung merespon pihak YRE.

“Kebetulan di desa Kami ada tempat pengelolaan biogas dan pupuk organik yang saat ini sudah terbengkalai namun kami di BUMDes berinisiatif untuk memperbaiki dan mengelolanya,” katanya.

Menurutnya, pihak YRE sudah dua kali meninjau langsung lokasi pengelolaan pupuk organik cair dan biogas milik BUMDesnya.

“Sudah dua kali mengunjungi BUMDes kami dan Alhamdulillah pihak YRE menjadikan kami sebagai binaannya,” ungkap Baramang.

Baca Juga :  BUMDes Paccerakang Sosialisasi Persiapan Kerjasama dengan Tambang Batuan

Baramang kepada Belopainfo menjelaskan, bahwa untuk saat ini biogas masih dalam tahap pembenahan, dan untuk pupuk organik cair sudah ada kami produksi namun belum dipasarkan dikarenakan belum di uji lab tetapi kami sudah gunakan untuk penyemprotan tanaman.

Fatmawati selaku kepala Desa Salu Paremang Selatan berharap kedepannya BUMDes di Desa Salu Paremang Selatan dapat semakin berkembang.

“Pada pameran UMKM di IKM Barambing beberapa waktu lalu, apa yang di produksi BUMDes sudah kita ikut sertakan dalam pameran termasuk pupuk organik cair, berharap kedepannya agar sudah bisa dipasarkan,” tutur Fatmawati

Baca Juga :  137 KK Desa Marinding Terima BLT DD Tahap III

Di lain sisi, Herman Alias, Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa (PUED) Dinas PMD Kab. Luwu mengapresiasi BUMDes Salu Paremang Selatan atas responnya terhadap YRE.

“Kita mengapresiasi BUMDes Harapan Kita karena salah satu BUMDes yang langsung merespon apa yang di sampaikan YRE tentang pengelolaan biogas dan pupuk organik,” ucap Herman Alias.

Reporter. : WM
Editor.      : AS

Written by 

Related posts

Komentar