Camat dan Desa se-Bajo Barat Rapat Koordinasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro

Belopainfo — Musyawarah yang digelar Pemerintah Camat Bajo Barat dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sebagai kesiapsiagaan penanganan Covid-19 menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Kegiatan yang digelar merupakan tindak lanjut dari pertemuan lintas sektor di kabupaten beberapa waktu lalu. Dalam rapat tersebut dihadiri kepala-kepala desa se Kecamatan Bajo Barat, Danramil Belopa dan Polsek Bajo, Selasa (04/05/21) di Kantor Camat Bajo Barat.

Untuk PPKM perlu dilaksanakan secara bersama walaupun semua kepala desa sebelumnya sudah bekerjasama dengan Danramil dan Polsek sudah melakukan berbagai upaya untuk penanganan Covid-19 sejak 2019, namun perlu kembali seluruh elemen yang terlibat untuk menyatukan persepsi dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga :  KKN-PPM UM Palopo Melakukan Penanaman 1000 Pohon Mangrove di Desa Bassiang Timur

“Hari ini kita adakan rapat bersama untuk menyamakan persepsi dalam melakukan pembatasan kegiatan masyarakat karena selama ini kita masih kurang dalam menyatukan persepsi untuk penanganan Covid-19 sehingga pertemuan hari ini sangat penting,”ujarnya.

Dalam pelaksanaannya sendiri, mulai dari RT, RW, dusun, desa, camat dan kabupaten harus saling berkoordinasi dengan melakukan pendataan dan pelaporan tiap hari dan akan dimulai 06 Mei hingga menjelang hari raya Idul Fitri.

Baca Juga :  Pemdes Bonelemo Utara Salurkan BST Tahap 2 Serta Bagikan Masker dan Vitamin C

“Ini dilakukan karena kita harus antisipasi, jangan kendor semangat dan tetap patuhi protokol kesehatan. Masyarakat yang mudik wajib melaporkan kepada RT/RW/dusun masing-masing, laporannya diteruskan ke desa, dari ke kecamatan dan selanjutnya ke Pemda,” jelasnya.

Pendataan yang dilakukan diantaranya mencatat nama-nama masyarakat yang mudik, mendata hasil hasil rapid tes positif atau tidak, lakukan rapid tes atau tidak masyarakat wajib menyampaikan untuk dilakukan pendataan di desa masing-masing.

Sementara itu, sambutan dari Danramil Belopa Syarifuddin, pada kesempatan yang sama mengatakan, dalan menjelang hari raya Idul Fitri semua harus terlibat dan bekerja sama dalam mencegah penyebaran Covid-19. Bukan hanya pemerintah saja tapi peran dan kesadaran masyarakat juga sangat penting untuk memutus rantai Covid-19.

Baca Juga :  Bupati Luwu Lakukan Pembayaran Perdana PBB-P2 Tahun 2021

“Mulai tanggal yang telah tetap untuk PPKM maka kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan wajib menyampaikan kepada RT/RW/dusun untuk dilakukan pendataan jika ada yang mudik menyambut hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Reporter : Yusuf Gerhana
Penulis. : Yusuf Gerhana
Editor. : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar