Kelompok Tani di Tumbubara Pelatihan Gula Semut

1.1kViews

Belopainfo-Luwu, Sabtu (21/11/2020) Kelompok Tani Kandang Ledo Desa Tumbubara melakukan pelatihan gula semut. Kegiatan berlangsung di rumah salah satu anggota kelompok.

Kegiatan ini dikuti oleh anggota kelompok. Ada sekitar 10 dari 25 anggota yang hadir mengikuti pelatihan ini. Kegiatan ini merupakan bagian kegiatan pengembangan kelompok.

Ashar Pain Pendamping PS dari Kesatuan Pengelolah Hutan (KPH) Latimojong selaku pelatih kegiatan ini menerangkan bahwa kegiatan ini sangat baik. Menurutnya, masyarakat akan beralih produk dari gula batok (batang) ke gula semut jika pasar tersedia. Sebab kelebihan gula semut, untuk menghasilkan produk gula semut lebih hemat penggunaan nira aren (ballo) di banding produk gula batok (batang).

Baca Juga :  Pemdes Salu Paremang Selatan, Imbau Warga Hasilkan Pangan Secara Mandiri

Yadin, Ketua Kelompok Tani sudah lama merencanakan kegiatan ini. Yadin menerangkan bahwa pelatihan ini upaya untuk pengembangan kelompok tani. Kegiatan pelatihan untuk pengembangan kapasitas anggota agar nantinya bisa berproduksi.

Kepala Desa Tumbubara, Muqaddim S.Ag, sangat mengapresiasi kegiatan dilakukan Kelompok Tani Kandang Ledo ini. Pemerintah Desa Tumbubara akan mendukung kegiatan ini dan berharap kedepannya kelompok dapat berkolaborasi atau bekerja sama dengan BUMDes Tumbubara.

Baca Juga :  Pemdes dan Masyarakat Desa Kadong Kadong Tolak Aktivitas Tambang CV. Alim Perkasa

Reporter : Yusuf Gerhana
Editor.     : Asran Salam

Written by 

Related posts

Komentar