Pemdes dan Masyarakat Desa Sumabu Rapat Penetapan Retribusi Pamsimas

Belopainfo – Untuk menghindari polemik di tengah masyarakat terkait retribusi penggunaan air bersih, pemerintah desa melakukan rapat penetapan retribusi dan perombakan pengurus di Kantor Desa Sumabu Kecamatan Bajo. Senin (11/01/21).

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang berdiri sejak 2018 dan rampung pemasangan meterisasi di tahun 2020, dengan jumlah 129 sambungan ke rumah masyarakat.

Sebelumnya, ada beberapa masalah yang muncul di masyarakat terkait retribusi dan pelayanan penggunaan air bersih, sehingga rapat ini adakan untuk menyepakati dan menetapkan jumlah retribusi untuk penggunaan air bersih dan membahas terkait persoalan teknis di lapangan.

Baca Juga :  Pemdes Sumabu Lakukan Evaluasi Terhadap Lembaga Desa untuk Kerja Maksimal di 2021

“Retribusi dalam 1 kubik (m³) air sebesar Rp 3.000 rupiah, dengan asumsi rata-rata penggunaan air dalam sebulan sebanyak 10 kubik (m³), jadi dalam per bulannya masyarakat membayar Rp 30.000 rupiah,” ujarnya.

Sementara itu, Kelompok Pengelola Sarana Pengelolaan Air Minum (KP-SPAM)
sudah beberapa mengalami perombakan pengurus karena tidak berperan aktif dalam pelaksanaannya. Sehingga dilakukan pergantian pengurus agar dalam pelaksanaannya masyarakat dapat merasakan pelayanan dengan baik.

Baca Juga :  Pertama di Kecamatan Bajo, Pemerintah Desa Sumabu Menyerahkan BLT DD ke Masyarakat

“Atas desakan dari masyarakat bagaimana penggunaan air bersih dapat difungsikan dan pengurus dapat memberikan pelayanan secara maksimal, sehingga dibentuklah kembali pengurus baru,” imbuhnya.

Adapun pengurus yang dibentuk terdiri dari Dewan Pembina yaitu, Tawakkal dan Hamida, Ketua Kevin Andreas, Sekretaris untuk sementara masih kosong dan Bendahara Hasrianti, sementara di bagian unit ada 4 orang, Riswandi, Nurhasan, Yustin Payungallo dan syamsul Alam.

Baca Juga :  BUMDes Marinding Tutup Buku

Unit yang berperan dalam pelaksanaannya yaitu unit teknis, Kesehatan dan unit pengaduan, akan melakukan pembagian tugas untuk melakukan penagihan, sosialisasi bagaimana pembacaan meteran dan mengontrol kerusakan-kerusakan yang terjadi dan dalam satu kali sebulan mengontrol pusat ketersediaan air di Dusun Padang Lambe.

Reporter : Yusuf Gerhana
Penulis. : Yusuf Gerhana
Editor. : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

One Thought to “Pemdes dan Masyarakat Desa Sumabu Rapat Penetapan Retribusi Pamsimas”

  1. MARLI SAPUTRA

    Mantap.. jaya selalu bersama masyarakat yg padupadan dgn keterbukaan informasi kebijakan dan program pemerintah

Komentar