Pemdes Sumabu Lakukan Evaluasi Terhadap Lembaga Desa untuk Kerja Maksimal di 2021

Belopainfo – Pemerintah Desa Sumabu, menggelar evaluasi kerja bersama  lembaga desa untuk lebih memaksimalkan kinerja masing-masing di 2021, Senin (11/01/21) di Kantor Desa Sumabu Kecamatan Bajo.

Kepala Desa Sumabu Muhammad Islam, mengatakan bahwa dalam pengamatannya di tahun 2020, walaupun ada banyak elemen kelembagaan yang tersedia dalam hal ini sumber daya manusia, hanya saja tidak berfungsi dengan maksimal.

Atas dasar tersebut, Pemdes berinisiatif untuk mengundang semua diantaranya, aparat desa, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), kepala dusun, ketua kelompok tani, Kader Pembangunan Manusia (KPM), kader teknik, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca Juga :  Senga Selatan yang Dikenang

Semua elemen yang ada diharapkan agar berperan aktif. Misalnya BPD, diharap dalam penyelenggaraan pembangunan yang ada mampu melakukan pengawasan secara maksimal. Begitupun dengan kepala-kepala dusun, agar mampu menginisiasi kegiatan di dusunnya masing-masing sehingga ada perencanaan yang terlahir di dusun.

Begitu pula dengan para kader yang bertanggungjawab di bidan desa, bagaimana memberi pelayanan kesehatan yang baik pada masyarakat. Kemudian PKK juga diharapkan agar tidak hanya melakukan program secara seremonial, melainkan membuat program dalam satu tahun yang benar-benar memberikan dampak positif pada masyarakat.

Baca Juga :  TP-PKK Desa Sumabu Bagikan Masker ke Warga

Kemudian hal yang paling di wanti-wanti pada kelompok tani, agar berperan aktif dalam pengembangan produksi pertanian, misalnya penyiapan lahan secara serentak dan penanaman serentak dengan tujuan menanggulangi hama pada tanaman.

Untuk BUMDes diharap lebih memaksimalkan lagi dalam mengawal semua varian usaha yang sudah ada sehingga terjadi perputaran ekonomi di dalam desa.

Baca Juga :  Pemdes Sumabu Salurkan BLT DD Tahap Terakhir Sebanyak 41 KK

Adapun sebagai langkah taktis yang akan dilakukan Pemdes sebagai eksekutif di desa akan aktif dalam melakukan pengawasan dan membuka ruang diskusi di setiap lembaga desa yang ada.

Reporter : Yusuf Gerhana
Penulis   : Yusuf Gerhana
Editor      : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar