Setahun Kinerja Pemdes Lamunre Tengah, Ciptakan Apotek BUMDes Satu-satunya di Indonesia

Belopainfo-Setahun kepemimpinan Suradi DM sebagai Kepala Desa Lamunre Tengah, sejumlah pembenahan dan program untuk masyarakat telah dilakukan. Walaupun di tahun 2020 berada dalam masa Pandemi Covid-19 Suradi DM dan aparat desa tetap aktif melakukan pencegahan dan aktif memberikan pelayanan pada masyarakat.

Di awal tahun 2020 bersamaan dengan dimulainya Pandemi Virus Covid-19 Kades Lamunre Tengah membuat sebuah gebrakan dengan mendirikan Apotek Bumdes. Program BUMDES ini adalah satu-satunya di Indonesia.

Suradi memiliki harapan agar masyarakat desanya dapat memenuhi kebutuhan kesehatan. Hingga harga obat-obatan di apotek ini mendapat potongan 30% bagi masyarakat Desa Lamunre Tengah. Selain itu, setiap bulannya apotek ini melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu.

Baca Juga :  RTH BUMDes Harapan Kita Desa Salu Paremang Selatan Diresmikan Hari Ini

“Apotek ini tidak hanya memiliki tujuan profit tapi juga pelayanan kesehatan pada masyarakat,” ungkap Suradi.

Selain itu, Suradi juga mendorong kepada masyarakatnya untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit untuk ditanam berbagai macam tanaman pangan. Hal ini dengan menggunakan teknik hidroponik dan aquaponik.

Di masa pandemi ekonomi sangat terpengaruh, hingga masyarakat tidak boleh hanya berharap pada bantuan pemerintah semata. Kepala desa dan aparat desa mendorong warga untuk membuat lahan pangan mandiri. Hingga kekhawatiran tentang kekurangan pangan di masa pandemi dapat teratasi.

Berawal dari hal ini Suradi DM juga mengaktifkan Kelompok Wanita Tani (KWT). Namun untuk mengurangi biaya produksi, ibu-ibu anggota KWT belajar untuk menghasilkan pupuk secara organik dengan memanfaatkan bahan yang murah dan mudah didapatkan di sekitarnya.

Baca Juga :  Salurkan BLT DD Tahap III, Kades Lamunre Tengah: Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Membangun Desa

Hal ini pun menjadi perhatian beberapa desa di Luwu hingga Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Hingga tak mengherankan beberapa kali KWT Lamunre Tengah ini mendapat berbagai kunjungan. Terkhusus Pemprov Sulawesi Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan sangat mengapresiasi inisiatif Pemdes Lamunre Tengah yang menggerakkan pangan mandiri di pekarangan sempit dan KWT dengan memanfaatkan pertanian organik.

Di sisi lain Suradi DM juga sangat memperhatikan peningkatan kapasitas SDM. Utamanya bagi pengurus BUMDES. BUMDES sebagai salah satu indikator kemandirian desa, harus ditopang dengan SDM yang baik pula. Bekerjasama dengan Balai Pelatihan Prov. Sulawesi Selatan BUMDES Maju Mandiri melakukan sejumlah pelatihan yang turut mengundang berbagai desa untuk belajar bersama.

Baca Juga :  BUMDes Lamunre Tengah Kembali Menjalan Unit Usaha KPM

“BUMDes sebagai indikator kemandirian desa, harus memiliki kapasitas SDM yang baik. Namun bagi saya apa yang kami lakukan juga harus berefek pada desa lain. Hingga beberapa kali kami melakukan pelatihan dengan bantuan Balai Pelatihan Provinsi kami juga mengundang desa-desa lain untuk belajar bersama dalam pelatihan,” kata Suradi menjelaskan.

Reporter.    : Yusuf Gerhana
Penulis.      : Yusuf Gerhana
Editor.         : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

One Thought to “Setahun Kinerja Pemdes Lamunre Tengah, Ciptakan Apotek BUMDes Satu-satunya di Indonesia”

  1. Surya Agus

    Loh data dari mana yah, kok satu satunya apotek BUMDES di Indonesia…. Anda Jangan bawa Berita Hoax yah

Komentar