GEMAS Gelar Lapak Baca dan Dongeng di Bawah Kaki Gunung Pa’batang Bua

Belopainfo–Gerakan Mengajar Sawerigading (GEMAS) menggelar giat literasi yang bertajuk “Buku Berjalan” yang disingkat “BULAN”.

Giat ini dilaksanakan pada Minggu (31/1/2021) lalu di Desa Tiromanda, Kecamatan Bua oleh tim relawan yang berjumlah 14 orang.

Awalnya komunitas yang berorientasi pada pendidikan dan literasi ini hanya melakukan survey lokasi dan sosialisasi untuk perencanaan program kegiatan yang akan diusung di akhir Februari nanti di Dusun Pa’batang, Desa Posi, Kecamatan Bua. Namun, pada saat itu relawan sengaja membawa buku bacaan anak-anak karena berekspektasi bahwa mungkin saja pada saat di lokasi survey, relawan tidak hanya datang membawa kabar dan rencana giat, tapi juga ingin mengumpulkan anak-anak untuk belajar dan membaca bersama.

Baca Juga :  Larang Ikuti Seminar Laporan PKL, Mahasiswa Anggap Pihak UNCP Diskriminasi

Ternyata buku yang dibawa tersebut tidak sia-sia. Sepulang survey, tim relawan mampir di Desa Tiromanda untuk sekadar rehat sejenak. Kebetulan saja di lingkungan itu ramai anak-anak yang sedang bermain.

Terbitlah inisiatif para relawan untuk mengumpulkan anak-anak dan kemudian diberikan dongeng cerita oleh salah satu relawan.

Awalnya antusias anak-anak agak kurang, terbukti di menit-menit awal hanya 2 atau 3 anak yang berani mendekat dan berkenan bergabung, lalu di menit menit berikutnya anak-anak semakin bertambah banyak, dan pada akhirnya sangat antusias dan bersemangat.

Baca Juga :  OSN SD Diharapkan Kembali Ukir Prestasi

Seorang ibu meminta tim relawan untuk kembali lagi suatu hari nanti.

“Datang lagi ya, supaya bisa anak-anak belajar. Karena mereka lebih sering main HP. Apalagi mereka tidak sekolah,” pinta sang ibu dari salah satu anak yang hadir.

Harapannya, semoga minat belajar dan membaca anak-anak tidak tergeser oleh jedanya proses pembelajaran di sekolah akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Aspirasi Tak Diindahkan Kampus, Mahasiswa Demo di DPRD

Reporter. : Fitri M
Penulis. : Fitri M
Editor. : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar