HMS Biologi UNCP akan Gelar Webinar Nasional dengan Tema: Lingkungan dan Bencana di Awal Tahun

Belopainfo–Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat mulai dari tanggal 01 hingga 31 Januari 2021, telah terjadi 263 bencana di Indonesia. Data tersebut terhimpun dalam bentuk infografis diunggah di akun Twitter BNPB, @BNPB_Indonesia.

Data tersebut merupakan angka yang sangat spektakuler di awal tahun 2021, beragam bencana, mulai dari gempa bumi, longsor, banjir, letusan gunung berapi dan lain-lain.

Hal tersebut menjadi landasan dari mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo Fakultas Sains, jurusan Biologi yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Sains Biologi (HMS BIO) dengan menggelar Webinar Nasional pada tanggal 21 Februari 2021, dengan mengangkat tema: Lingkungan dan Bencana di Awal Tahun 2021.

Baca Juga :  GEMAS Gelar Lapak Baca dan Dongeng di Bawah Kaki Gunung Pa'batang Bua

Ketua HMS Biologi, Genaro, mengatakan bahwa bencana yang terjadi di awal tahun 2021 bukan hanya terjadi secara alamiah, namun ada pula bencana yang terjadi karena adanya campur tangan manusia. Misalnya pembebasan lahan perkebunan sawit dan eksploitasi pertambangan di Kalimantan Selatan.

“Ini harus menjadi perhatian serius, bencana yang terjadi tentu merugikan  banyak pihak terkhusus masyarakat kecil,” ujarnya.

Baca Juga :  OSN SD Diharapkan Kembali Ukir Prestasi

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, mereka menggelar Webinar Nasional sebagai upaya memberikan pemahaman kepada semua pihak dalam mengelola Sumber Daya Alam (SDA) agar tidak terjadi eksploitasi besar-besaran.  Sehingga dalam Webinar tersebut akan melahirkan tiga sudut pandang, yang pertama berdasarkan perspektif masyarakat adat, hukum dan akademisi.

“Tiga pandangan ini tentu merupakan hal yang sangat subtansial dan harus diterapkan dalam upaya pengelolaan SDA, untuk tetap menjaga kelestarian alam baik itu lingkungan maupun sosial,” ujarnya.

Baca Juga :  MGMP Matematika SMP Luwu dan ETDC Indonesia Gelar Webinar

Adapun Narasumber yang mereka libatkan diantaranya, Kepala Desa Bonelemo Baso SH, Dewan Kehutanan Nasional Dr. Abd Rahman Nur. S.H.,MH. dan Ketua Asosiasi Dosen Indonesia Tana Luwu, Dr. Suaedi. M.Si.

Reporter  : Yusuf Gerhana
Penulis.   : Yusuf Gerhana
Editor.      : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar