Kelas Desain Grafis Dibuka Secara Gratis, Kadis Pendidikan Berharap Peserta Belajar dengan Sungguh-sungguh

Belopainfo–Dalam rangka meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Luwu, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Luwu terus melakukan upaya vokasi dalam bentuk pelatihan bagi generasi muda Luwu yang punya keterbatasan materi.

Kursus program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dengan materi Desain Grafis yang diselenggarakan SKB Luwu sebagai bentuk kerja sama antara Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) SKB Belopa dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan serta Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan pelatihan tersebut dilatarbelakangi oleh pengajuan proposal oleh tim SKB Belopa dalam mendorong keterlibatannya sebagai unit pelaksana teknis berbasis kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan non formal.

Sebagai perpanjangan tangan dan bagian dari Dinas Pendidikan dalam memberikan fasilitas pemberdayaan masyarakat melalui kecakapan hidup, keterampilan dan pelatihan kerja, SKB berharap bisa mendorong mutu SDM dan menciptakan etos kerja yang berkualitas.

Kelas desain grafis yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Luwu, Kamis 24 Juni lalu, diharapkan bisa menjadi sarana peningkatan kualitas kerja bagi para peserta yang tergabung.

Sebanyak 15 peserta yang lolos seleksi dan memenuhi syarat peserta untuk mengikuti pelatihan ini selama 38 hari ke depan dengan 2 instruktur yang mumpuni dan telah bersertifikat.

Sujarwinanti selaku sekretaris panitia mengatakan kegiatan ini cukup selektif penjaringan pesertanya. Karena hanya menerima bagi peserta yang sudah siap kerja alias tidak lagi berstatus pelajar, pun tidak berlaku bagi mereka yang telah ikut pelatihan pra kerja. Guna bisa tersalur secara adil bagi mereka yang benar-benar membutuhkan.

“Sekarang kita banyak sekali bersinggungan dengan dunia digital, baik poster dalam bentuk spanduk, desain kaos, maupun editing video, dan lainnya. Oleh sebab itu desain grafis ini sangat menjadi penunjang dan penting diadakan,” tambah perempuan yang bertugas sebagai moderator di hari kedua pelatihan desain grafis tersebut.

Pasca pelatihan, peserta akan diberikan  ujian kompetensi yang akan dilaksanakan selama sehari sebagai alat untuk mengukur keberhasilan program dan meninjau pemahaman peserta akan pelatihan yang diberikan.

Pasca pelatihan 38 hari, ujian kompetensi 1 hari, selanjutnya peserta juga akan melakukan magang kerja selama 15 hari sebagai langkah peningkatan kapasitas dan pengalaman kerja di beberapa sektor percetakan di Kota Belopa.

Drs. Hasbullah Bin Mush menaruh harapan besar, agar peserta bisa sepenuhnya mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh.

Pun dengan kepala SKB Belopa, Drs. Hikmah. M.Pd, saat dimintai keterangan melalui telpon siang tadi. Ia berharap peserta yang telah mendapat kesempatan belajar dan kursus ini bisa kemudian menyiapkan diri menghadapi dunia kerja di bidang desain grafis.

Reporter.  : Fitri M
Penulis.    : Fitri M
Editor.       : Alam Akkitanawa

Written by 

Related posts

Komentar