Faperta UNCP Lakukan Pemberdayaan PKM Petani Rumput Laut di Luwu Utara

  • Whatsapp

Belopainfo — Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo menggelar Program Pemberdayaan, PKM Petani Rumput Laut di Desa Takkalala, Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Sabtu (17/09/22) kemarin.

Bacaan Lainnya

Program tersebut merupakan hibah PKM dari Kemendikbud melalui Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Penyuluh Dinas Pertanian Luwu Utara dan Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) hadir dan menjadi narasumber.

Pada kegiatan PKM Pertani Rumput Laut diikuti oleh para Petani Rumput Laut dan kelompok Dasawisma Merpati yang ada di Kecamatan Malangke.

Ketua Program, M. Rusli B mengatakan bahwa dalam kegiatan PKM ini ada 3 program yang diantaranya, Pelatihan Budidaya Rumput Laut, Pengolahan Pasca Panen, dan Diversifikasi Olahan Rumput Laut Berbasis Ekonomi Kreatif.

Pelatihan Budidaya Rumput Laut yang difokuskan pada sanitasi air dan penanganan hama pengganggu rumput laut. Kedua hal tersebut merupakan permasalahan utama petani rumput laut tambak di kecamatan malangke.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Ambo Tang Selaku Koordinator BPP Kecamatan Malangke. Sedangkan Pelatihan Pengolahan Pasca Panen dan Diversifikasi Olahan Rumput Laut Berbasis Ekonomi Kreatif dibimbing oleh Bapak Safaruddin.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan petani dalam budidaya rumput laut, mulai dari ketersediaan bibit, sanitasi air, penggulangan hama pengganggu, dan pengolahan pasca panen, sehingga dapat menghasilkan rumput laut berkualitas dengan standar industry,” ujar Safaruddin.

Pos terkait