Hj. Hayarna Tinjau Kesiapan Peserta Pameran Jambore PKK

  • Whatsapp

Belopainfo.id – Ketua TP PKK Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. MSi meninjau langsung kesiapan stand pameran kecamatan yang masuk dalam rangkaian kegiatan pelaksanaan Jambore PKK tingkat Sulawesi Selatan, dilapangan Andi Djemma, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Selasa (29/8/2023)

Kabupaten Luwu ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 September 2023.

Untuk meriahkan kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Luwu merangkaikan dengan beberapa kegiatan, salah satunya adalah Pameran UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) dari 22 kecamatan se Kabupaten Luwu.

Dibeberapa stand yang dikunjungi, Hj Hayarna terkesan dengan produk-produk lokal yang dipamerkan, diantaranya kain tenun dari desa Ilan Batu Uru Kecamatan Walenrang Barat.

“Kain tenun ini bisa menjadi produk unggulan Kabupaten Luwu sehingga perlu terus dilestarikan,” kata Hj Hayarna Basmin

Sebagai bentuk dukungan, Hj Hayarna berharap Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian untuk menginventarisasi produk tersebut sekaligus membantu dalam pengurusan hak cipta dari para penenun.

“Seperti halnya batik Luwu, kain tenun ini harus cepat dibantu membuat hak ciptanya agar tidak ada daerah lain yang mengakuinya terlebih dahulu,” lanjutnya

Selain kain tenun Ilan Batu Uru, terdapat pula kerajinan tas dari bahan limbah rumah tangga yang dibuat oleh kelompok wanita dari desa Sukadamai Kecamatan Walenrang Timur.

Sementara di Kecamatan Belopa terdapat kerajinan tempat sendok yang terbuat dari anyaman rumput sawah atau lebih dikenal dengan sebutan “Ballang-ballang”.

Demikian Halnya dikecamatan Bajo Barat yang mengandalkan kerajinan anyaman berbahan dasar ilalang hutan atau dikenal sebutan “Lito”

Selain produk-produk kerajinan yang dipamerkan, ada pula produk unggulan lainnya seperti ikan kering malaja dari Kecamaran Bua, Sagu kering dari Kecamatan Bajo, gula aren cair dari Kecamatan Latimojong, gula semut dari Kecamatan Suli Barat, produk bumbu masakan Kecamatan Suli, Tape Ubi dari Kecamatan Lamasi dan masih banyak produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh kader-kader dasawisma dan kader PKK di 22 Kecamatan se Kabupaten Luwu.

Pos terkait