Bonelemo Utara Programkan Inovasi Desa Lewat Pemberdayaan

628Views

Desa Bonelemo Utara menggelar sosialisasi pengembangan dan pengolahan potensi desa. Dalam sambutannya Kades Bonelemo Utara menjelaskan program pemberdayaan masyarakat merupakan bagian dari inovasi desa Bonelemo Utara.

Setiap desa harus dapat mengelola potensi yang ada di desa untuk menjadi sumber ekonomi. Terdapat dua hal yang menjadi tujuan dari pengolahan potensi desa, menambah nilai ekonomi untuk masyarakat dan dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) yang mengarah pada kemandirian desa. 

Baca Juga :  Ketua TP-PKK Kab Luwu Akan Kunjungi 9 Posyandu

Pemdes Bonelemo Utara encoba membuat sebuah terobosan untuk masyarakat Bonelemo Utara. Salahsatunya dengan memanfaatkan potensi desa yang dikelola oleh masyarakat dan  menjadi sumber ekonomi masyarakat. 


Di tahun 2020, masyarakat Bonelemo Utara akan mengolah dan mengembangkan 2 potensi desa yakni bambu dan jagung melalui program pemberdayaan. Program ini akan berlangsung selama satu tahun melibatkan kelompok kreatif dan kelompok tani yang dibentuk oleh Pemdes Bonelemo Utara. 

Baca Juga :  BKN Periksa Berkas Kenaikan Pangkat di Luwu

Jamal menambahkan, inovasi terhadap dua potensi ini semoga dapat memberikan nilai positif bagi masyarakat Bonelemo Utara. Selain itu memberi perubahan untuk masyarakat dan desa Bonelemo Utara. 


“Desa atau masyarakat desa harus membuat sebuah terobosan berupa inovasi untuk mengelola dan mengembangkan potensi desa” kata Jamal. 

Pengelolaan potensi desa Bonelemo Utara ini akan menjadi berbagai macam produk yang dapat dijual atau memiliki nilai ekonomis. Pada proses pemberdayaan, masyarakat akan dilatih tentang cara pengolahan hingga manejemen pemasaran. 

Baca Juga :  Universitas Muhammadiyah Palopo Bangun Sinergitas Bersama Pemda Luwu


“Saya berharap masyarakat tidak hanya memiliki sumber ekonomi dari pertanian tapi hasil inovasi juga menjadi sumber ekonomi” ujar Jamal.


Written by 

Related posts

Komentar