Jembatan Terancam Rubuh, Diduga Akibat Aktivitas Tambang Ilegal

Luwu-Kamis (9/4/20). Selain Dusun Salupore, Dusun Padang Kamburi juga mengalami longsor dan jembatan gantung penghubung terancam rubuh.

Jembatan gantung Dusun Padang Kamburi terancam rubuh setelah terjadi longsor yang terjadi pada Jumat 5 April lalu. Jembatan ini merupakan penghubung antara Dusun Padang Kamburi dan Desa Buntu Batu, Kelurahan Noling Kecamatan Bua Ponrang Kabupaten Luwu.

Dari pemantauan Belopa Info bersama Pamessangi Ketua BPD Desa Padang Kamburi kondisi jembatan tersebut sangat berbahaya untuk dilalui. Namun masih tetap dilalui oleh masyarakat karena jembatan ini juga merupakan salah satu akses masyarakat untuk berkebun.

“Selain penghubung antar desa jembatan ini juga yang dilalui oleh warga kami untuk berkebun,” ujarnya.

Aktivitas tambang galian di sungai Desa Padang Kamburi

Di sisi lain lokasi longsor tak jauh dari lokasi tambang galian C atau tambang batuan yang statusnya masih ilegal. Menurut Pamessangi selain jumlah volume air yang meningkat, proses pertambangan juga merupakan salah satu pemicu longsornya sungai yang ada di Padang Kamburi.

“Kemungkinan peroses pertambangan juga menjadi salah satu sebab, karena lokasi longsor tidak jauh dengan lokasi pertambangan yang mengambil bahan material dari sungai,” pungkasnya.

Hingga berita ini dipublikasikan belum ada konfirmasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk penanganan longsor di Desa Padang Kamburi.

Reporter : YSF
Editor : CSD

Written by 

Related posts