Redaktur Tribun Timur dan PWI Luwu Raya Beri Penguatan Humas Bawaslu Luwu

Belopainfo – Redaktur Tribun Timur Ahmad Sudirman Kambie dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Luwu Raya Aryanto Tanding, berikan penguatan Kehumasan Bawaslu Kabupaten Luwu.

Keduanya hadir sebagai narasumber pada kegiatan Penguatan SDM kehumasan yang dilaksanakan di Media Center Bawaslu Kabupaten Luwu. Sabtu (16/10/21).

Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Bawaslu Sulawesi Selatan Saiful Jihad, pimpinan, dan staf Bawaslu Kabupaten Luwu.

Saiful Jihad dalam sambutannya menjelaskan, terdapat dua peran penting kehumasan Bawaslu yaitu membangun image positif tentang Bawaslu di mata publik dan melakukan edukasi politik kepada masyarakat.

Saat ini Bawaslu belum memasuki tahapan Pemilu. Namun, menurut Saiful Jihad di masa seperti saat inilah Bawaslu memiliki banyak waktu dan ruang untuk melakukan sosialisasi. Sosialisasi berupa aktivitas, aturan, dan kebijakan Bawaslu. Tak kalah penting dengan edukasi politik kepada masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kwalitas demokasi di masa mendatang.

Efektifnya edukasi politik yang dilakukan Bawaslu berada pada peran dan fungsi yang efektif dari kehumasan. Hingga masyarakat dapat memahami tugas, kewajiban, dan haknya dalam proses demomrasi. Termasuk dapat terlibat aktif dalam meningkatkan kwalitas demokrasi dan pengawasan partisipatif.

“Masa seperti saat ini di mana Bawaslu sedang melakukan pengawasan tahapan pemilu merupakan ruang yang strategis, hingga masyarakat bisa teredukasi melalui peran dan fungsi kehumasan,” kata Saiful Jihad menjelaskan.

Kehumasan dan Efektivitas Media Online

Redaktur Tribun Timur Ahmad Sudirman Kambie menjelaskan, kondisi saat ini, publim lebih banyak mengakses media online dalam mencari informasi termasuk tentang Pemilu.

Maka kehumasan Bawaslu perlu memahami setrategi untuk memaksimalkan fungsi dari website dan jejaring sosial dalam menyebarkan informasi kepada publik. Humas Bawaslu harus dapat melakukan hal ini karena peran pentingnya dalam menyebarkan informasi tentang Bawaslu.

Kehumasan dan Teknik Penulisan Berita

Sementara itu, Aryanto Tanding Ketua PWI Luwu Raya dalam kegiatan ini mengulas tentang teknik penulisan berita. Menurutnya, fungsi kehumasan akan berjalan efektif jika staf kehumasan Bawaslu memahami dan mampu melakukan teknik penulisan berita yang baik.

Lebih lanjut, Aryanto menambahkan sekalipun saat ini ada banyak cara menyebarkan informasi. Namun, cara penulisan yang baik sangat berpengaruh kepada publik. Penulisan informasi atau berita yang baik membuat masyarakat mudah memahami informasi yang disampaikan Bawaslu kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Asriani Baharuddin berharap setelah kegiatan selain menambah pengetahuan tentang kehumasan, jajaran Bawaslu Kabupaten Luwu dapat memberikan citra positif kepada publik. Selain itu memberi pemahaman tentang cara mengelola informasi menjadi bahan yang layak untuk disampaikan kepada publik.

Sumber: Humas Bawaslu Kabupaten Luwu

Written by 

Related posts