YRE Buka Peluang Kemitraan Usaha dengan BUMDes di Luwu

1.5kViews

BelopaInfo – Luwu. Rabu (12/08/2020). Melalui Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa DPMD Kabupaten Luwu mengadakan Rapat Kordinasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatan kni berlangsung di Wisma Bukit Indah Kec. Suli dan dibuka langsung oleh Kadis PMD Drs. H. Bustan, MSi.

Kepala Dinas PMD H. Bustan, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kedepannya BUMDES harus berusaha untuk mendapatkan profit sebagai solusi Pendapatan Asli Desa (PADes) bagi desa.

Baca Juga :  Kantor Kas Bua PT Bank Sulselbar Cabang Belopa Diresmikan Bupati Luwu Hari Ini

“Saya harap agar kedepannya BUMDES di kelola dengan baik demi untuk peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes),” ucap Bustan

Sementara itu salah satu narasumber dari Yayasan Rumah Energi (YRE) Makassar Ida, menjelaskan Rakor kali ini juga memberi peluang usaha bagi BUMDes untuk melakukan usaha baru. Usaha ini dapat dilakukan lewat kemitraan YRE selaku lembaga yang menangani usaha biogas melalui Program BIRU.

Baca Juga :  DPMD Luwu Terbitkan Surat Edaran BLT

“Potensi limbah ternak cukup besar di Luwu yang bisa memberi lapangan usaha baru bagi peternak dengan memanfaatkan kotoran sapi menjadi gas dan pupuk,” kata Ida dari Yayasan Rumah Energi.

Di lain sisi Muh. Anshari selaku Kasubag Program Dinas PMD menghimbau perlu ada perubahan kebiasaan masyarakat yang mengarah pada penambahan manfaat. Semisal kebiasaan melepaskan hewan ternak perlu dirubah dengan sistem kandang, sementara kotoran ternak dapat diolah menjadi bahan baku biogas dan pupuk organik.

Baca Juga :  Merancang Inovasi di Kaki Benteng Datu Bonelemo Utara

Sementara itu TA Pembangunan Ekonomi Desa P3MD Kab. Luwu Hasbir Hawid yang juga hadir menyampaikan, BUMDes dapat menindaklanjuti kebijakan Menteri Desa dan PDT tentang usaha mempoduksi satu milyar masker. Hal ini wajib diadakan di seluruh desa untuk digunakan selama New Normal Covid-19.

Reporter: WN
Editor: CSD

Written by 

Related posts

Komentar