BUMDes Lamunre Tengah Kembali Menjalan Unit Usaha KPM

670Views

BelopaInfo-Luwu. Minggu (11/10/2020). BUMDes Mandiri Maju Lamunre Tengah kembali menjalankan sebuah unit usaha yang melibatkan pemuda. Unit udaha ini adalah Kelompok Pemuda Mandiri (KPM) yang bergerak dibidang sablon baju kaos.

Kades Lamunre Tengah Suradi DM menjelaskan unit usaha ini dibentuk untuk menampung kreatifitas pemuda desa sekaligus membuka lapangan kerja. Walau usaha seperti ini sudah ada di beberapa tempat, tapi BUMDes Mandiri Maju Lamunre Tengah akan lebih mengutamakan kwalitas baju dan sablon.

Baca Juga :  Kades Lamunre Tengah Bentuk Posko Pengaduan Covid-19

Kedepannya kelompok ini tidak hanya menyediakan jasa sablon dan penjualan baju, tapi akan ada beberapa produk lain. Upaya untuk memaksimalkan usaha ini akan dapat berproduksi dengan baik serta berkesinambungan, Pemerintah Desa Lamunre Tengah dan BUMDes akan mempersiapkan peralatan tehnis.

“Usaha seperti ini telah ada di beberapa tempat tapi kami mengutamakan kwalitas produk dan wadah sebagai sunber ekonomi pemuda dan PADes Lamunre Tengah,” kata Suradi.

Baca Juga :  Pemdes Lamunre Tengah Terus Kembangkan Industri Kreatif Masyarakat Desa

Sementara itu Ketua BUMDes Mandiri Maju Harking menjelaskan hal serupa. Menurutnya kelompok usaha yang berada di bawah naungan BUMDes ini bukan hanya sekedar wadah untuk menghasilkan profit. Tapi membuka wadah bagi pemuda untuk berkreatifitas, saling berbagi informasi dan pengetahuan, tak kalah penting adalah pemuda diajarkan berbagai hal tehnis terkait usaha sablon.

Baca Juga :  Beredar Isu Korupsi di Paccerakang, ini Jawaban Pemdes

“Lewat usaha ini kita tidak hanya menghasilkan profit, tapi ada proses pembinaan yang dilakukan kepada anggota kelompok,” kata Harking.

Pembinaan kelompok ini juga melibatkan orang-orang yang telah menjadi pelaku usaha. Hal ini penting karena setiap anggota kelompok dapat belajar secara langsung dari pelaku usaha hingga diharapkan ke depannya dapat menjalankan unit usaha secara mandiri.

Reporter: YSF
Editor: CSD

Written by 

Related posts

Komentar