Kunjungi Empat BUMDes di Luwu, BLM Makassar Akan Lakukan Evaluasi

BelopaInfo-Luwu. Senin (24/08/2020). Balai Latihan Masyarakat (BLM) Makassar didampingi Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa (PUED) Herman Alias yang mewakili DPMD Kabupaten Luwu mengunjungi beberapa desa di Kab. Luwu

Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengevaluasi Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah mengikuti pelatihan di BLM Makasaar pada tahun 2019 lalu.

Adapun desa yang sempat dikunjungi yakni Desa Cimpu, Malela, Padang Lambe di Kecamatan Suli dan Binturu di Kecamatan Larompong.

Baca Juga :  Bupati Luwu: Kades dan BPD Harus Melahirkan Keputusan Yang Berpihak Kepada Masyarakat

Drs. Muh. Ramli, M.Si dari Tim BLM Makassar mengatakan bahwa dalam kunjungan tersebut untuk mengetahui masalah atau kendala yang ada di pengurus BUMDes, untuk kemudian dievaluasi di BLM Makassar.

Dari hasil kunjungan ke empat desa tersebut ditemukan berbagai permasalahan atau kendala yang ada di pengurus BUMDes.

“Kami akan evaluasi kembali di BLM Makassar mengenai kendala-kendala atau masalah yang ada di pengurus Bumdes,” kata Muh. Ramli

Baca Juga :  DPMD Luwu Proses Penyaluran Dana Desa Tahun 2020

Sementara itu Kabid Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa, Herman Alias menuturkan dari empat desa yang sempat dikunjungi ditemukan beberapa permasalahan yang ada di pengurus BUMDes. Salah satunya diantaranya pergantian pengurus BUMDes tanpa ada pemberitahuan atau konfirmasi ke pihak DPMD Kabupaten Luwu. Sehingga BUMDes tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya sampaikan kepada pengurus BUMDes yang baru agar secepatnya mengirim data ke DPMD agar kita ganti pengurus lama dan mematenkan pengurus baru,” jelas Herman Alias

Baca Juga :  Pemdes Bonelemo Bangun Rumah Warga Tak Mampu Secara Swadaya

Lanjutnya, meminta kepada pemdamping desa untuk memantau BUMDes yang ada di desa dan memberikan pendampingan, agar BUMDES dapat maju dan berkembang.

Reporter: WN
Editor: AS

Written by 

Related posts

Komentar