KKN-PPM UM Palopo Melakukan Penanaman 1000 Pohon Mangrove di Desa Bassiang Timur

1.4kViews

Sabtu (17/10/2020) KKN-PPM Kerja Sosial Universitas Muhammadiyah Palopo (UMP) Posko 13 Bersama Masyarakat Desa Bassiang Timur melakukan penanam 1000 pohon mangrove di Pesisir Pantai Bassiang Timur, Kec. Ponrang Selatan, Kab. Luwu

Koordinator Posko 13 Desa Bassiang Timur, Basriyadi mengatakan bahwa salah satu bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan adalah penanaman tanaman bakau atau yang sering disebut juga dengan mangrove.

Ia menjelaskan jika ekosistem mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

Baca Juga :  Kelompok Kreatif Desa Sumabu Ikuti Workshop Miranesia

“Penanaman mangrove adalah salah satu program kerja kami yang telah di sepakati pada saat seminar program kerja, kami berharap agar kegiatan seperti ini tidak hanya sampai di sini serta semoga masyarakat sekitar dapat melanjutkan dan merawat selalu lingkungan kita,” kata Basriyadi

Lanjutnya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua stakeholder yang terlibat atas partisipasinya dalam merealisasikan kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Satu Pasien di Rumah Sakit Hikmah dalam Status ODP

Sementara itu Kepala Desa Bassiang Timur, Sukirman menjelaskan bahwa Desa Bassiang Timur adalah wilayah yang berada dekat dengan pesisir pantai sehingga penanaman mangrove sangatlah penting untuk dilakukakan.

“Fungsi penanaman mangrove yaitu sebagai pencegah abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai, ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa di sekitar area itu sehingga penanaman mangrove sangatlah penting untuk dilakukan,” jelas Sukirman

Selain itu ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat terutama KKN UMP yang telah menjadikan penanaman mangrove sebagai program kerjanya, dan juga khususnya kepada Ketua APDESI Kab.Luwu yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir.

Baca Juga :  Korsek Bawaslu Luwu Hari Ini Dilantik

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Ketua APDESI Kab. Luwu, Ketua KNPI Palopo, Suparni Sampetan sekaligus pendamping lapangan KKN, serta aparat Desa Bassiang Timur dan sejumlah masyarakat.

Reporter : WM
Editor. : AS

Written by 

Related posts

Komentar