Aspirasi Tak Diindahkan Kampus, Mahasiswa Demo di DPRD

1.1kViews

Belopainfo.Palopo-Rabu (26/2/2020) Aliansi Mahasiswa Menggugat yang terdiri dari gabungan beberapa BEM Perguruan Tinggi se Kota Palopo dan Organisasi Ekstra Kampus, menggelar aksi unjuk rasa ke gedung DPRD Kota Palopo. Aksi ini terkait keputusan rektorat Univ. Cokroaminoto Palopo yang menjatuhkan sanksi skorsing kepada 17 mahasiswanya usai demo di kampus.

Aspirasi mahasiswa diterima langsung oleh Legislator Partai Golkar, H Baharman Supri, didampingi anggota dewan Partai Nasdem, Efendi Sarapang.

Egar, jenderal lapangan Aliansi Mahasiswa Menggugat, menyampaikan empat butir aspirasinya di DPRD. Yakni:

  1. Meminta kepada DPRD Kota Palopo untuk memberikan peringatan dan memanggil pihak UNCP untuk di mintai keterangan terkait persoalan tersebut.
  2. Meminta kepada DPRD kota Palopo untuk mengirimkan salinan pernyataan sikap mereka ke pada pihak LL Dikti Wilker IZ
  3. Meminta LL Dikti Wilker IX Kementerian Pendidikan dan Riset Teknologi untuk mengevaluasi dan mengaudit secara internal kepada pihak UNCP.
  4. Meminta kepada DPRD Kota, LL Dikti Wilker IX Kementerian Pendidikan dan Riset Teknologi untuk memberikan rekomendasi kepada pihak UNCP agar menarik skorsing yang telah dikeluarkan.

“Kami menenggarai tindakan rektorat diduga menciderai amanat UU 1945 pasal 31 ayat 1 tentang hak memperoleh pendidikan dan pengajaran, serta UU RI No: 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum,” ujar Egar.

Sumber: screen facebook

Dari keterangan yang dihimpun, sebelumnya, rektorat Univ. Cokroaminoto Palopo (UNCP), menjatuh sanksi kepada 21 mahasiswa karena melakukan aksi demonstrasi di dalam kampus. Namun hal ini hanya disampaikan secara lisan, hingga hari ini hanya 17 orang mahasiswa yang menerima surat skorsing.

Selain itu beredar isu via whatshapp dan facebook tentang diskriminasi pihak UNCP pada proses penjatuhan sanksi skorsing. Pasalnya sejumlah mahasiswa yang telah diberikan sanksi skorsing, dibolehkan mengikuti kegiatan kampus, seperti seminar proposal dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Aksi solidaritas ini diikuti oleh BEM UNCP, BEM IAIN Palopo, BEM Unanda, Ipmal, Himalaya, GAM, HMRI, LMND, IPMR, HMI MPO Komisariat UNCP, dan Faperta UNCP.

Reporter : WN
Editor : CSD

Written by 

Related posts

error: Content is protected !!