Pertama Kali, 264 KK di Kelurahan Salubattang Terdampak Banjir

  • Whatsapp

Belopainfo.id — Petama kali terjadi, sebanyak 264 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Salubattang, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo terdampak banjir pada Sabtu, 08 Oktober 2022 lalu.

Bacaan Lainnya

Banjir yang melanda Kelurahan Salubattang selama tiga hari berturut-turut mengakibatkan rumah warga tergenang air bercampur lumpur, selain ratusan rumah warga, beberapa fasiltas umum juga terdampak, seperti sekolah, masjid, posyandu, selain itu lahan perkebunan, sawah, dan tambak juga terdampak.

Lurah Salubattang, Kecamatan Telluwanua Saiman mengatakan kronologi bajir dimulai pada Jumat malam lalu, tapi kondisinya belum parah dan hanya beberapa warga saja yang terdampak.

Namun pada malam berikutnya, karena kondisi curah hujan yang tinggi, mengakibatkan air sungai salubattang meluap dan masuk di pemukiman warga pada pukul 02.00 WIB. Ketinggian air diperkirakan mencapai perut orang dewasa.

“Sabtu malam paling parah, hampir semua rumah yang ada di Salubattang terdampak, ini pertama kali terjadi banjir yang sangat berdampak besar,” kata Lurah Salubattang. Senin (10/10/22).

Saiman juga menjelaskan proses evakuasi yang mereka lakukan dengan menggunakan alat seadanya karena akses yang sulit terjangkau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, dan akses di Pentojangan juga terjadi longsor.

“Kami hanya menggunakan alat seadanya, mulai dari pukul 02.00 sampai siang kami lakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih aman, dan alhamdulillah kondisi banjir sudah mulai surut,” ujarnya.

Hingga saat ini, Masyarakat masih mengantisipasi jika terjadi cuaca buruk, mereka akan segera mencari tempat yang aman karena kondisi cuaca masih sangat ekstrem dengan curah hujan yang tinggi.

Pos terkait