Pemdes Senga Selatan Menggelar Musyawarah Penyusunan RKP Desa

761Views

BelopaInfo-Luwu.bRabu (21/10/2020). Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan pembangunan desa serta surat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tanggal 10 Juli 2020 Nomor 414.1/401/VII/DPMD perihal penyampaian penyusunan RKPDes tahun 2021.

Atas dasar tersebut Pemerintah Desa Senga Selatan menggelar Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan RKP Desa tahun 2021 di Kantor Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa.

Dalam Musyawarah tersebut ada tiga agenda pembahasan yang pertama, melakukan review/pencermatan ulang dokumen RPJM Desa tahun 2020-2025. Kedua, membentuk tim verifikasi RKPDes (3 Orang) dan pembentukan tim penyusun RKPDes Desa Senga Selatan tahun 2021 sebanyak (7 sampai 11 orang).

Baca Juga :  Pekerja Tambak Hingga Kepala Desa, Sebuah Etape Hidup

Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Camat Belopa, Pendamping Desa Kecamatan Belopa, BPD, PKK, Bidan, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat, Adat, Agama, Pemuda (Karang Taruna) dan Perempuan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Camat Belopa Agus Salim mengatakan bahwa dalam musyawarah kali ini yang digelar pemerintah desa untuk membahas tentang RKPDes. Agus salim juga menyampaikan bahwa dalam penanganan di masa pandemi yang mengakibatkan pembangunan di desa menjadi tertunda karena pengalihan dana pembangunan untuk penanganan Covid-19.

“Semoga di tahun 2021 Covid-19 sudah mereda, sehingga pembangunan di desa akan direncanakan dapat dilaksanakan secara maksimal,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Senga Selatan Andi Muhammad Arfan Basmin menyampaikan sambutannya, memberikan selayang pandang kepada peserta yang hadir tentang kinerja pemerintah Desa Senga Selatan selama satu tahun terakhir.

Baca Juga :  Kejari Luwu Apresiasi Pemdes Senga Selatan Soal Penyaluran Bantuan Pemerintah

“Apa yang telah pemerintah desa lakukan semata hanya untuk membangun Desa Senga Selatan, satu tahun kepengurusan kami menjadikan desa ini sebagai desa yang berbudaya dan beradab,”harapnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa tak ada pemerintah desa yang sempurna tetapi kita harus berupaya untuk mencapai kesempurnaan itu.

“Kami akan buktikan di tahun-tahun berikutnya agar periode lima tahun ini menjadi contoh untuk pemerintah desa yang melanjutkan kepemimpinan di Desa Senga Selatan nantinya,”jelasnya.

Sementara itu, arahan dari Pendamping Desa Kecamatan Belopa Rihmawati Basri. Ia mengatakan, berdasarkan apa yang telah disampaikan pemerintah Desa selama satu tahun kepengurusan dengan beragam pembangunan, semoga di tahun anggaran tahun 2021 tetap dipertahankan atau lebih ditingkatkan lagi.

Baca Juga :  Pemdes Lamunre Tengah Terus Kembangkan Industri Kreatif Masyarakat Desa

“Pengusulan kegiatan untuk anggaran tahun 2021 dari dana desa lebih difokuskan pada ketahanan pangan, revitalisasi BUMDes dan sarana dan prasarana untuk memperkuat ketahanan pangan lokal,”imbuhnya.

Tidak hanya itu, Rihmawati juga menambahkan bahwa pengembangan wisata desa juga menjadi salah satu prioritas DD tahun 2021. Karena itu, bisa menjadi perhatian khusus untuk pengembangan wisata di Desa Senga Selatan kedepannya.

Reporter : YSF
Editor. : AS

Written by 

Related posts

Komentar