Vaksinasi Desa Marinding Gunakan Dua Jenis Vaksin Baru

Belopainfo — Vaksinasi masuk desa masih digalakkan, seperti yang dilakukan di Pemerintah Desa Marinding dan Puskesmas Bajo Barat di Kantor Desa Marinding yang menggunakan empat jenis vaksin. Jumat (19/11/21).

Empat jenis vaksi yang digunakan yaitu, vaksin jenis Sinovac, Moderna, AstraZeneca, dan Pfizer. Dua di antaranya merupakan vaksin yang baru digunakan untuk masyarakat.

dr. Khykmatiar yang mendampingi proses Vaksinasi tahap ke dua di Desa Marinding mengatakan bahwa di Desa Marinding digunakan dua jenis vaksin baru yaitu, AstraZeneca dan Pfizer.

“Kedua vaksin ini memiliki efektivitas yang cukup tinggi dan bahkan efektivitasnya lebih tinggi dari Vaksin jenis Moderna yang hanya 94 persen,” sebutnya.

Dari perbandingan efektivitas vaksin yang digunakan, vaksin jenis Pfizer, efektivitasnya lebih tinggi yaitu 96 persen dan juga sudah digunakan di Amerika Serikat, sementara jenis AstraZeneca 70 sampai 85 persen, dan Sinovak yang lebih rendah efektivitasnya hanya 58 persen.

“Jika efektivitasnya tinggi, efek sampingnya juga pasti lebih besar, kadang pusing, mual-maul dan lain-lain, tapi sebenarnya juga ditentukan dari kondisi tubuh masing-masing karena ada juga yang sudah menerima vaksin dengan efektivitas yang tinggi tapi tidak ada gejala apa pun,” jelas dr. Khykmatiar.

Penulis: Ysf

Written by 

Related posts