Pandemi, Pesan Kadis PMD dan Penyaluran BLT DD di Marinding

Jumat (22/05/2020). Covid-19 semakin melonjak. Hingga sekarang para ilmuwan dan medis belum menemukan vaksin anti virus. Karena itu, pemerintah dengan segala upaya menerapkan berbagai aturan. Mengeluarkan imbauan kepada masyarakat. Sosial distancing, tetap di rumah, keluar rumah hanya urusan penting saja, Itu sejumlah imbauan yang diharapakan dipatuhi oleh masyarakat.

Langkah lain yang dilakukan pemerintah pusat hingga daerah adalah menyiapkan beberapa bentuk bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 ini. Salah satu yang diberi tugas untuk mengatasi dampak Covid-19 ini, yakni Kementerian Desa (Kemendes).

Melalui dana desa, Kemendes keluarkan peraturan agar dana desa sebagian disalurkan ke masyarakat dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa 600 ribu per bulan selama tiga bulan. Kemudian ditambah lagi 300 ribu per bulan untuk tiga bulan berikutnya.

Baca Juga :  Satu Warga Positif Covid-19, Kades Marinding Identifikasi Warga yang Berinteraksi dengan Pasien

Adanya peraturan dari Kementerian Desa itu, maka dengan sigap desa-desa melakukan penyaluran BLT yang sebelumnya diawali dengan pendataan yang berhak menerima. Di kabupaten Luwu Provinsi Sulsel dari 207 desa, data sementara, 184 desa yang telah menyalurkan BLT DD tahap pertama dan 6 desa telah menyalurkan tahap dua.

Sore hari selepas hujan, setelah salat ashar, salah satu desa di Kabupaten Luwu yakni Desa Marinding Kecamatan Bajo Barat menyalurkan bantuan di kantor desa. Warga yang telah terdata datang silih berganti.

Wajah-wajah yang menerima BLT DD sedikit sumringah bahagia di tengah ancaman pandemi Covid-19. Nurlela 25 tahun warga Marinding berprofesi ibu rumah tangga. Suaminya yang bekerja sebagai penjual sayur di pasar mengalami pengurangan drastis mata pencarian akibat Covid-19 ini. Dengan adanya bantuan ini, Nurlela merasa sangat terbantu. Dan sangat mengapresiasi pemerintah atas kepeduliannya.

Baca Juga :  Salurkan BLT DD, Kades Senga Selatan Sampaikan Permohonan Maaf

“Adanya BLT ini sangat bagus. Ini sangat membantu seperti keluarga saya yang sangat terdampak Covid-19 ini. Terima kasih kepada pemerintah atas kepeduliannya,” terang Nurlela dengan mata berkaca-kaca.

Dalam proses penyaluran BLT DD Desa Marinding turut hadir Kepala Dinas PMD Luwu H. Bustan. Ia diberi kesempatan untuk memberi pesan-pesan kepada warga yang menerima. Dalam pesannya, bahwa nilai BLT yang berikan tidak seberapa akan tetapi semuanya perlu disyukuri.

Baca Juga :  Satu Tahun Karang Taruna Desa Wiwitan, Pemdes: Mari Sama-sama Menjaga Ketahanan Pangan dan Keamanan Desa

“Bapak ibu sekalian BLT ini nilainya mungkin tidak seberapa tapi perlu disyukuri. Dan muda-mudahan dapat diperuntukkan pemenuhan kebutuhan pokok,” pesan Bustan.

Hj. Jamilah Kepala Desa Marinding di sela-sela pembagian BLT punya harapan agar warganya dapat bersabar di tengah Covid-19 ini. Pemerintah Desa akan semaksimal mungkin akan membantu.

“Saya berharap wargaku sekalian tetap bersabar di tengah pandemi Covid-19 ini. Insyaallah kami pemerintah desa akan membantu semaksimal mungkin,” tutur Hj. Jamilah.

Menjelang buka, akhirnya penyaluran BLT DD tahap pertama selesai. Warga pulang dengan dengan sedikit lega. Setidaknya hatinya dapat tenang sebab dapur untuk sementara bisa mengepul dengan aman.

Reporter : AS
Editor. : AS

Written by 

Related posts

Komentar