Sebanyak 115 KK Desa Sumabu Kembali Menerima BST Kemensos dan BLT DD

BelopaInfo-Luwu. Kamis (03/09/2020). Pemerintah Desa Sumabu kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementrian Sosial di Kantor Desa Sumabu Kecamatan Bajo.

Penyaluran ini dilakukan secara bersamaan dengan masing-masing jumlah penerima BST sebanyak 74 KK dan BLT 41 KK.

Penyaluran BLT Tahap 5 merupakan tambahan yang telah di atur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa. Penyaluran tahap 5 untuk 3 bulan kedua sebesar Rp. 300 ribu/ KK.

Penyaluran BLT ini juga tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 67 tahun 2020 tentang perubahan kedua tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa setiap desa di Kabupaten Luwu tahun anggaran 2020.

“Alhamdulillah untuk penyaluran BLT DD tahap V sudah kita salurkan sesuai dengan regulasi yang berlaku,” imbuh Muhammad Islam Kepala Desa Sumabu.

Sementara itu, untuk BST Kemensos sebanyak 74 KK dan disalurkan 2 tahap sekaligus yaitu tahap 4 dan 5 dengan jumlah Rp. 600 ribu/KK, sama dengan jumlah 3 bulan sebelumnya.

Selain itu, penyaluran BST yang dilakukan Pemdes Sumabu dengan menyalurkan 2 bulan sekaligus karena di anggap terlambat sesuai jadwal yang sudah di tentukan pada juli lalu.

“Alhamdulillah hari ini juga kita salurkan BST Kemensos langsung 2 tahap, hal ini karena sebenarnya sudah melewati waktu, harusnya kita salurkan di bulan Juli kemarin, hanya saja ada kendala jadi kita baru menyalurkan hari ini,” jelasnya.

Desa Sumabu juga merupakan salah satu desa yang tercepat dalam penyaluran BLT DD maupun BST Kemensos untuk tambahan tiga bulan kedua.

“Alhamdulillah, untuk pelayanan masyarakat kita harus upayakan secepat mungkin,” kata Muhammad Islam.

Reporter: YSF
Editor: CSD

Written by 

Related posts