Kisah Mahasiswa Bernama Sawerigading

Belopainfo – Sawerigading putra sulung Jaya Lobo CO sutradara Abdel dan Temon diwisuda hari ini di Hotel Claro Jl. A. P. Pettarani No.03, Mannuruki, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Selasa (26/10/21).

Pria yang memiliki nama tokoh utama Kitab I La Galigo ini lahir tahun 1998 menyelesaikan studinya di Fakultas Farmasi, Jurusan/Prodi Farmasi, Universitas Muslim Indonesia (UMI). Sebelum mengambil jurusan Farmasi di UMI, Sawerigading pernah kuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mengambil jurusan sastra pada tahun 2016.

Jaya Lobo saat dikonfirmasi mengatakan bahwa putranya (Sawerigading) pernah berniat mengikuti jejaknya sebagai seorang sastrawan, tapi seiring berjalannya waktu, putranya itu hanya bertahan selama setahun di Unhas dan pada tahun 2017, Sawerigading memilih untuk pindah kampus ke UMI dan mengambil Jurusan Farmasi.

“Sebelumnya sempat kuliah di Unhas dan mengambil Jurusan Sastra tapi hanya satu semester saja,”sebut Jaya Lobo.

Alasan Sawerigading mengambil Jurusan Farmasi karena ingin menjadi orang yang bisa mengedukasi masyarakat dalam penggunaan obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia maupun yang tidak.

Selain itu, kata Jaya Lobo, pada saat berumur 9 tahun, Sawerigading kehilangan ibu kandungnya karena mengidap penyakit gejala kencing tikus akibat banjir bandang yang terjadi di Jakarta pada tahun 2007 lalu.

“Pada saat itu saya sementara syuting, Istri dan kedua anak saya ada di dalam rumah, kedua anak saya lebih dahulu ditemukan sementara istri saya terjebak banjir, selama berjam-jam,”ujarnya.

Akses jalan yang tertutup total, mengakibatkan korban tidak dapat dilarikan langsung ke Rumah Sakit, tak ada tenaga medis, obat-obatan juga tidak ada, butuh waktu beberapa hari untuk menunggu para tim medis.

Berselang beberapa hari, ibu Sawerigading mendapatkan perawatan medis, hanya saja dengan obat-obatan seadanya, karena penyakit yang diderita juga merupakan gejala baru dan hingga sepekan pasca banjir ibu Sawerigading tak dapat diselamatkan.

Lanjut, ia menambahkan, “Karena pengalaman Itulah yang menjadi salah satu alasan Sawerigading untuk menjadi seorang Apoteker,”Imbuhnya.

Jaya Lobo juga berpesan kepada Sawerigading agar tetap berbakti kepada orang tua dan ilmu yang ia dapatkan selama kuliah dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Penulis: Ysf

Written by 

Related posts