Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Pemdes dan Warga Sumabu Lepas 10.000 Bibit Ikan

Belopa Info – Jumat (05/06/2020). World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Demi meningkatkan kesadaran global untuk mengambil tindakan positif dalam melindungi alam dan Planet Bumi. Hari Lingkungan Hidup diperingati sejak tahun 1972 dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB.

Tahun 2020, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah “Time For Nature” yang mengajak seluruh penduduk dunia untuk menyadari bahwa makanan yang dimakan, air yang diminum, dan ruang hidup di planet yang ditinggali adalah sebaik-baiknya manfaat dari alam (nature) sehingga harus dijaga kelestariannya.

Baca Juga :  Pemdes Balubu Terbitkan Surat Keputusan Bersama Tentang Pencegahan Covid-19

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan Warga Desa Sumabu dalam memperingati momentum Hari Lingkungan Hidup dengan melakukan pelepasan benih ikan. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem dan juga sekaligus menjadi pemenuhan kebutuhan masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Sek. Dinas Perikanan Luwu melepas benih ikan bersama warga Desa Sumabu

Kepala Desa Sumabu Muhammad Islam menuturkan, 10.000 bibit ikan mas yang dilepaskan oleh pemerintah desa dan warga bersumber dari pengajuan proposal ke Dinas Perikanan beberapa waktu lalu. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Luwu, Drs. Aminullah.

Baca Juga :  Sebanyak 115 KK Desa Sumabu Kembali Menerima BST Kemensos dan BLT DD

Pelepasan bibit ikan merupakan upaya yang dilakukan pemerintah desa untuk pemenuhan kebutuhan pangan warga dan sebagai stimulasi untuk menjaga alam khususnya sungai yang berada di Desa Sumabu.

“Dengan adanya program ini kita mampu menjaga ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat desa,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam proses pemeliharaan pemerintah desa akan melibatkan masyarakat. Hasil dari usaha bersama ini akan dinikmati oleh mayarakat Desa Sumabu.

Baca Juga :  Pemdes Sumabu Salurkan BST Kemensos Tahap VII Sebanyak 74 KK

“Dari pembibitan ikan ini, jika sudah ada hasil kita akan melakukan pesta panen sehingga masyarakat juga menikmati usaha yang telah dilakukan,” harapnya.

Reporter: YSF
Editor: CSD

Written by 

Related posts

Komentar